Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalahkan Jepang, Singapura Jadi Negara Paling Aman di Dunia

Kompas.com - 24/05/2018, 15:06 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Asia One

SINGAPURA, KOMPAS.com - Ketika Singapura tidak lagi menjadi negara dengan paspor terkuat di dunia, setidaknya "The Lion City" dinobatkan sebagai negara paling aman.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh World Justice Project (WJR) 2018, Singapura merupakan negara paling damai di dunia.

Posisi kedua ditempati Swedia, kemudian diikuti Norwegia, Hong Kong dan China, Denmark, dan Finlandia. Sementara, Jepang berada di urutan ke-8 dunia.

Laporan ini mengukur persepsi penduduk tentang ketertiban dan keamanan dengan mengacu pada prevalensi kejahatan umum, termasuk pembunuhan, penculikan, perampokan dan pencurian, perampokan bersenjata dan pemerasan.

Baca juga: Kalahkan Singapura, Paspor Jepang Kini Paling Sakti di Dunia

Indeks juga mengukur apakah warga dilindungi secara efektif dari konflik bersenjata dan terorisme, apakah warga menggunakan intimidasi atau kekerasan untuk menyelesaikan sengketa atau mencari ganti rugi dari pemerintah, dan apakah penduduk bebas dari kekerasan massa.

Menurut survei, orang-orang di Singapura merasa paling aman dan merasakan bagaimana negara memiliki ketertiban dan kedamaian dibandingkan dengan negara regional lainnya.

Di Asia, Singapura menempati urutan teratas, diikuti oleh Jepang. Masyarakat "Negeri Matahari Terbit" itu menganggap negara mereka relatif aman dalam hal konflik sipil dan pengendalian kejahatan yang efektif.

Sementara, Korea Selatan (peringkat 22 dunia) menempati peringkat ketiga di Asia.

Meskipun ketegangan dengan Korea Utara telah mengganggu perdamaian, namun rakyat Korsel di dalam negeri menganggap negara mereka bebas dari intimidasi dan kekerasan massa, seperti terorisme.

Baca juga: Gelombang Panas di Pakistan Tewaskan 65 Orang

China (peringkat 28 dunia) berada di peringkat ke-4 di Asia diikuti oleh Mongolia, Malaysia, Vietnam dan Indonesia masing-masing peringkat 39, 41, 42 dan 49 di dunia.

Sementara, masyarakat di Sri Lanka (peringkat 59 dunia) menganggap negara itu rentan terhadap ketegangan etnis serta krisis sosial berikutnya.

Di posisi 113, Pakistan menduduki peringkat negara paling tidak aman di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Asia One
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com