Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Sidang Kepagian, Mugabe Batal Hadir di Parlemen Zimbabwe

Kompas.com - 24/05/2018, 14:02 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

HARARE, KOMPAS.com - Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe tidak muncul dalam sidang parlemen untuk membahas korupsi di  pertambangan berlian.

Politisi berusia 94 tahun itu diundang untuk hadir dalam sidang yang dimulai pada Rabu (24/5/2018) pada pukul 09.00 waktu setempat, tetapi Mugabe tidak hadir dan parlemen harus menjadwal ulang sidang.

Ketua Komite Temba Mliswa, seorang politisi independen, mengatakan bahwa parlemen menyadari bahwa pukul 09.00 memang terlalu pagi bagi Mugabe untuk datang ke parlemen.

Dalam penjadwalan ulang, sidang akan digelar pada Senin pekan depan pada pukul 14.00 waktu setempat. Namun, belum diperoleh kabar soal kehadiran Mugabe.

Baca juga: Kasus Korupsi Berlian Rp 208 Triliun, Parlemen Zimbabwe Panggil Mugabe

Para anggota parlemen ingin mengetahui klaim pada 2016 yang menyebut Zimbabwe kehilangan pendapatan sebesar 15 miliar dolar AS akibat korupsi dan eksploitasi asing di sektor pertambangan berlian.

"Kami bukan ingin mempermalukan dia, kami berharap Mugabe punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Sehingga pada Senin depan kami harap dia bisa hadir," ujar Mliswa yang menambahkan Mugabe memang tak wajib memenuhi undangan ini.

Zimbabwe pertama kali menemukan cadangan berlian di Chiadzwa, wilayah timur negeri itu, sekitar 10 tahun lalu.

Kemudian, pemerintah Zimbabwe mengizinkan sejumlah perusahaan berlian untuk beoperasi di kawasan tersebut.

Sebagian besar perusahaan yang beroperasi adalah perusahaan patungan pemerintan Zimbabwe dan China.

Baca juga: Istri Robert Mugabe Diduga Lakukan Bisnis Penyelundupan Gading Gajah

Namun, ekploitasi tambang berlian ini menuai kecaman aktivis HAM karena aparat keamanan dianggap melakukan kekerasan untuk mengendalikanlokasi tambang berlian.

Sejauh ini parlemen Zimbabwe sudah memanggil sejumlah mantan menteri, kepala polisi, dan kepala badan intelijen terkait industri berlian di Chiadzwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com