Kompas.com - 23/05/2018, 22:14 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara (Korut) menyatakan, penghancuran situs nuklir di Punggye-ri bakal dilakukan Kamis (24/5/2018) jika cuaca memungkinkan.

Pernyataan tersebut disampaikan seorang pejabat Korut kepada rombongan jurnalis negara asing yang diundang untuk meliput penghancuran situs tersebut.

"Jika cuacanya mendukung besok (Kamis), kami bakal melakukannya," kata pejabat itu dilansir dari Yonhap Rabu (23/5/2018).

Korut telah mengatakan bakal meledakkan terowongan bawah tanah dan fasilitas penunjang Punggye-ri yang terletak di Kilju, Provinsi Hamgyong Utara.

Baca juga: Korut Janji Bongkar Situs Uji Coba Nuklir, Trump Ucapkan Terima Kasih

Karena itu, mereka mengundang jurnalis asing yang berasal dari Amerika Serikat (AS), China, Rusia, serta Inggris.

Mereka menginap di Wonsan, dan bakal menaiki kereta khusus ke Stasiun Jaedok yang berjarak sekitar 416 kilometer.

Yonhap melaporkan, mengingat kondisi rel Korut yang tidak bagus, maka kereta hanya bisa melaju hingga kecepatan 35 kilometer per jam, dan membuat lama perjalanan 12 jam.

Setibanya di Jaedok, para jurnalois bakal menaiki mobil, dan menempuh perjalanan sejauh 21 kilometer sebelum sampai di Punggye-ri.

Korea Selatan (Korsel) melalui juru bicara Kementerian Unifikasi Baik Tae Hyun menyambut baik langkah Korut untuk menutup situs nuklirnya.

"Kami berharap penutupan ini menjadi langkah awal untuk melakukan denuklirisasi secara mulus," kata Baik dalam konferensi pers.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.