Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 12 Tuntutan AS yang Wajib Dipenuhi Iran agar Bebas dari Sanksi

Kompas.com - 23/05/2018, 07:07 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintahan Trump, Senin (21/5/2018) meminta Iran untuk membuat perubahan besar dalam kebijakan regional dan militernya atau menghadapi sanksi terberat dari AS.

Melalui pidato yang disampaikan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo pada Senin (21/5/2018), AS menyerukan dilakukannya negosiasi kesepakatan baru dengan Iran, menggantikan kesepakatan 2015 yang telah ditinggalkan Washington.

Kesepakatan nuklir Iran 2015 yang ditandatangani oleh enam negara besar pada masa Barack Obama tersebut membatasi program nuklir Iran dengan imbalan pengurangan sanksi terhadap Iran.

Namun kesepakatan tersebut oleh Donald Trump disebut tidak menghalangi Iran dalam menjalankan program persenjataan misil serta dukungannya kepada kelompok teror.

Baca juga: Menlu AS: Kami Bakal Beri Sanksi Terhebat dalam Sejarah kepada Iran

Kali ini, Trump ingin mengganti kesepakatan tersebut dengan perjanjian yang lebih lengkap, mencakup 12 tuntutan yang harus dipenuhi Iran jika ingin terhindar dari sanksi AS.

Ke-12 tuntutan yang disampaikan Washington kepada Teheran tersebut yaitu:

1. Iran wajib melaporkan kepada Badan Energi Atom Internasional (IAEA) data lengkap militer terkait program nuklirnya dan secara permanen dan terverifikasi meninggalkannya untuk selamanya;

2. Iran wajib menghentikan pengayaan dan tidak akan pernah kembali melakukan pemrosesan ulang plutonium. Ini termasuk menutup reaktor air beratnya;

3. Iran wajib memberikan akses tanpa batas kepada IAEA untuk memasuki seluruh situs program nuklirnya tanpa terkecuali;

4. Iran harus mengakhiri penyebaran rudal balistiknya, menghentikan peluncuran dan pengembangan lebih lanjut sistem rudal berkemampuan nuklirnya;

5. Iran harus membebaskan semua warga AS, serta warga dari sekutu AS yang ditahan dengan tuduhan palsu;

6. Iran harus mengakhiri dukungannya untuk kelompok teroris di Timur Tengah, termasuk Hizbullah, Hamas, dan kelompok militan Islam Palestina.

Baca juga: Presiden Iran Tepis Ancaman Sanksi Terberat AS

7. Iran harus menghormati kedaulatan Pemerintah Irak dan mengizinkan perlucutan senjata, demobiliasi, dan reintegrasi milisi Syiah;

8. Iran wajib mengakhiri dukungan militernya kepada kelompok milisi Houthi dan bekerja untuk penyelesaian politik damai di Yaman;

9. Iran wajib menarik semua pasukan yang ada di bawah komandonya dari seluruh wilayah Suriah;

10. Iran wajib mengakhiri dukungan untuk Taliban dan teroris lainnya di Afghanistan dan sekitarnya, serta berhenti menyembunyikan pemimpin senior al-Qaeda.

11. Iran harus mengakhiri dukungan pasukan Garda Revolusi Islam (IRG) untuk teroris dan sekutu militan di seluruh dunia;

12. Iran wajib menghentikan tindakan dan perilaku yang mengancam negara-negara tetangganya, termasuk berhenti mengancam Israel, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, maupun ancaman pelayaran internasional hingga serangan siber.

Baca juga: China, Rusia, dan Eropa Bahas Kesepakatan Baru untuk Iran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com