Kompas.com - 22/05/2018, 21:02 WIB
|

STOCKHOLM, KOMPAS.com - Pemerintah Swedia menyebarkan buku panduan menghadapi perang terbitan masa Perang Dingin yang sudah diperbarui.

Buku panduan ini kemudian dibagikan ke 4,8 juta keluarga di negeri itu agar warga bisa mempersiapkan diri jika perang pecah.

Dalam buku panduan berjudul "Jika Krisis atau Perang Datang" setebal 20 halaman itu, terdapat sejumlah saran tentang mempersiapkan makanan, air, pemanas hingga mencari bunker terdekat.

Buku itu juga menyampaikan kepada warga soal kewajiban mereka jika negeri tersebut membutuhkan "pertahanan total" kala perang pecah.

Baca juga: Sebut Swedia Produksi Racun Saraf, Duta Besar Rusia Dipanggil

Buku ini pertama kali diterbitkan di masa Perang Dunia II dan terus dicetak di masa Perang Dingin.

"Jika Swedia diserang negara lain, kita tidak akan menyerah. Semua informasi yang mengarahkan untuk berhenti melawan adalah salah," demikian salah satu isi buku itu.

Swedia dan negara-negara lain di sekitarnya berada dalam kewaspadaan tinggi setelah Rusia menganeksasi Semenanjung Crimea pada 2014.

Negara Skandinavia itu juga menuding Rusia berulang kali melanggar ruang udaranya. Moskwa sendiri tak membantah atau membenarkan tuduhan tersebut.

Pada 2016, pemerintah Swedia mulai meningkatkan anggaran militer setelah selama bertahun-tahun amat dibatasi.

Negara yang berstatus netral itu kini tengah mempertimbangkan kemungkinan untuk bergabung dengan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.