Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Insiden "Crane" Ambruk Kembali Terjadi di Masjidil Haram

Kompas.com - 22/05/2018, 03:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MEKKAH, KOMPAS.com - Insiden ambruknya crane di proyek pembangunan di Masjidil Haram, Mekkah, kembali terulang. Pada Minggu (20/5/2018), dilaporkan alat berat tersebut roboh di area konstruksi.

Namun insiden kali ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Menurut pejabat di Mekkah, crane yang roboh berada di kawasan yang sedang dalam tahap pembangunan dan belum dilalui jemaah.

Melansir dari Al Arabiya, saluran televisi lokal Al Ekhbariya mengutip pernyataan salah seorang pejabat Mekkah, satu korban luka ringan adalah operator alat berat.

Baca juga: Korban Crane Mekkah Menanti Janji Santunan Arab Saudi

Sesaat setelah insiden, foto-foto yang menunjukkan kondisi crane yang terjatuh beredar di dunia maya. Tampak crane yang ambruk di area pembangunan dan bukan lokasi yang terbuka untuk umum.

Kendati tidak sampai menimbulkan korban jiwa seperti yang terjadi 2015 silam, insiden yang kembali berulang meningkatkan kekhawatiran akan keselamatan para jemaah yang datang ke Mekkah.

Terlebih lagi, insiden kali ini terjadi di tengah bulan Ramadhan, di mana banyak umat Muslim yang berdatangan dari seluruh penjuru dunia untuk ibadah umroh.

Dilaporkan kantor berita Saudi Press, robohnya crane kali ini disebabkan muatan material yang diangkut alat tersebut berlebih, sehingga ambruk.

Insiden pada 2015 silam, di mana crane ambruk menimpa para jemaah. Menyebabkan setidaknya 107 orang tewas dan 230 lainnya mengalami luka-luka.

Kecelakaan tersebut memaksa proyek perluasan di kompleks masjid dihentikan selama dua tahun.

Baca juga: Presiden Sampaikan Dukacita kepada Korban Crane di Mekkah

Selain kecelakaan dalam pekerjaan konstruksi, kekhawatiran dalam segi keamanan juga muncul dari sejumlah insiden yang pernah terjadi selama musim haji beberapa tahun lalu.

Seperti meninggalnya ribuan jemaah di Mina karena terjadi penumpukan massa di salah satu lokasi, serta beberapa kali kebakaran di tenda-tenda jemaah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com