Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Perwira Militer Korut Membelot ke Korea Selatan

Kompas.com - 19/05/2018, 19:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Seorang perwira militer Korea Utara bersama dengan seorang warga sipil dilaporkan melintasi Laut Kuning pada Sabtu (19/5/2018) untuk membelot ke Korea Selatan.

"Sebuah perahu kecil terlihat di perairan sebelah utara Pulau Baengnyeong, di dekat perbatasan Korea," kata sumber pemerintah kepada kantor berita Yonhap.

Menurut sumber tersebut, perwira yang menyeberang berpangkat mayor dan bersama seorang warga sipil berada di atas kapal itu.

"Mereka menyatakan keinginan untuk membelot," kata sumber dilansir AFP.

Baca juga: Polisi Korsel Larang Pembelot Korut Sebar Selebaran Anti-Pyongyang

Terkait kabar pembelot tersebut, pejabat Penjaga Pantai Korea mengatakan, pihak berwenang tengah melakukan penyelidikan atas kasus ini dan menolak memberi rincian.

Kasus pembelotan tersebut menjadi yang ke-14 melibatkan seorang tentara Korea Utara sejak tahun 2000. Sebelumnya, kasus pembelotan terakhir yang dilakukan perwira Korea Utara terjadi pada 2008. Demikian dilaporkan YTN TV.

Namun kasus pembelotan ini terjadi setelah dilangsungkan pertemuan bersejarah antara Presiden Korsel, Mon Jae-in dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un di desa Panmunjom, 27 April lalu.

Kasus pembelotan yang juga menarik perhatian adalah pada November 2017 lalu, ketika seorang tentara Korea Utara menyeberang melalui zona demiliterisasi dengan dihujani peluru rekan senegaranya.

Selain pembelot dari kalangan militer, warga Korea Utara juga dilaporkan banyak yang mencoba meninggalkan negara tertutup itu dengan mengarungi jalur laut untuk menuju ke Selatan.

Juni tahun lalu, dua awak kapal nelayan Korea Utara yang hanyut ke selatan menolak dipulangkan dan diizinkan tinggal.

Sebulan kemudian, lima warga Korut ditemukan di atas perahu kecil yang melintasi perbatasan laut ke perairan Korea Selatan.

Baca juga: Para Pembelot Korut Kirim Botol Informasi ke Utara lewat Laut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com