Israel Bangun "Jaring Misil" untuk Lindungi Bandara Baru - Kompas.com

Israel Bangun "Jaring Misil" untuk Lindungi Bandara Baru

Kompas.com - 18/05/2018, 19:54 WIB
Rencana pengembangan bandara baru Israel tak jauh dari kota wisata Eilat.www.iaa.gov.il Rencana pengembangan bandara baru Israel tak jauh dari kota wisata Eilat.

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pemerintah Israel membangun "jaring misil" untuk melindungi sebuah bandara baru. "Jaring misil" ini meripakan bagian dari pelindung sisi timur perbatasan.

Pagar sepanjang 34 kilometer itu dipasang di sepanjang perbatasan Israel dan Jordania, berawal dari kota wisata Laut Merah, Eliat hingga ke lokasi bandara baru di Lembah Timna.

Pagar setinggi enam meter itu adalah bagian dari sebuah strategi yang lebih besar untuk melindungi negeri itu dengan penghalang.

Pagar pembatas ini juga akan dibangun di sisi barat daya yang bebetasan dengan Mesir. Pagar ini dibangun untuk mencegah militan dan migran melintasi perbatasan secara ilegal.

Baca juga: Bandara Israel di Laut Merah Ditutup karena Soal Keamanan

Bagian dari perlindungan itu adalah sebuah "jaring" sepanjang 26 kilometer yang khusus dibangun untuk melindungi bandara Ramon yang baru.

Jaring ini bermanfaat untuk mencegat peluru atau misil darat ke darat yang diarahkan ke bandara tersebut.

Jordan yang berada di seberang perbatasan itu adalah satu dari dua negara Arab yang memiliki kesepakatan damai dengan Israel.

Namun, Jordan banyak dihuni kelompok-kelompok militan yang membenci Israel dan berpotensi menyerang bandara.

Sementara bandara baru yang berjarak 19 kilometer dari Eilat itu diharapkan bisa beroperasi pada akhir 2018 atau awal 2019 untuk mendongkrak pariwisata kawasan tersebut.

Baca juga: Israel Halangi Turki Terbangkan Korban Luka Palestina Keluar Gaza


Komentar
Close Ads X