Pria di China Tega Menelantarkan Bayinya Sampai Dua Kali - Kompas.com

Pria di China Tega Menelantarkan Bayinya Sampai Dua Kali

Kompas.com - 18/05/2018, 17:31 WIB
Xiaoyu, panggilan untuk si bayi, yang baru berusia enam bulan, telah dua kali ditelantarkan sang ayah.SCMP / THEPAPER.cn Xiaoyu, panggilan untuk si bayi, yang baru berusia enam bulan, telah dua kali ditelantarkan sang ayah.

SHANGHAI, KOMPAS.com - Seorang ayah di China tega menelantarkan bayinya yang baru berusia enam bulan. Tidak hanya sekali, pria itu meninggalkan anaknya sampai dua kali.

Kejadian pertama pada 19 Maret lalu, saat bayi itu ditinggalkan sang ayah dan dibawa petugas polisi untuk dirawat di sebuah rumah sakit di Baoshan, daerah pinggiran Shanghai.

Polisi telah membujuk sang ayah, yang tak disebutkan namanya, untuk mengambil kembali anaknya. Tapi hingga hampir dua bulan, sang ayah tak kunjung datang.

Sang ayah baru datang pada Selasa (14/5/2018) lalu. Namun ternyata dia hanya mengambil anaknya untuk kemudian kembali meninggalkan di hari yang sama.

"Saat pertama kali dibawa ke rumah sakit ini, kami melihat bayi mungil yang dibungkus selimut dengan catatan nama bersamanya," kata Jin Liying, suster kepala di rumah sakit, menceritakan kejadian pertama.

Baca juga: Seperempat Juta Bayi Perempuan di India Meninggal Setiap Tahun

"Bersama bayi itu juga ada tas berisi susu bubuk, tablet kalsium dan vitamin ikan. Tapi kami tidak tahu berapa usia bayi itu," tambahnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan medis, barulah diketahui bayi laki-laki itu baru berusia sekitar empat bulan dan dalam kondisi sehat.

Petugas kemudian menamai bayi itu dengan nama Xiaoyu. Demikian diberitakan SCMP yang melansir Thepaper.cn.

Ketika sang ayah datang untuk mengambil bayi itu, dia menceritakan alasannya tega menelantarkan sang anak.

"Saya tidak bisa membesarkannya. Saya tidak memiliki uang, tidak bisa mengganti popok atau memberinya susu," tulis laporan mengutip ucapan sang ayah.

Namun tak lama setelah ayah dan bayi itu meninggalkan rumah sakit, petugas kembali mendapat laporan tentang seorang bayi yang ditinggalkan.

"Kami mendapat telepon sekitar pukul delapan malam dan pukul 11 malam polisi kembali membawa Xiaoyu ke rumah sakit."

"Kami melihat bayi yang sama dengan yang baru saja diambil sang ayah pada siang harinya," kata Jin.

Baca juga: Bayi 10 Bulan Jatuh dari Gendongan Ibu saat Naik Eskalator

Jika bayi itu benar ditelantarkan, maka pihak rumah sakit akan membawanya ke pantu asuhan. Namun sebelum itu, rumah sakit memastikan akan merawat Xiaoyu selama 24jam.

Sementara polisi berusaha menghubungi dan membujuk sang ayah agar bersedia merawat anaknya. Petugas juga akan melakukan penilaian terhadap kondisi finansial dan kesehatan jiwanya.



Close Ads X