Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikira Anjing, Wanita Ini Ternyata Memelihara Seekor Rubah

Kompas.com - 18/05/2018, 03:40 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

JINZHONG, KOMPAS.com — Seorang perempuan di China tidak menyangka hewan yang dia kira seekor anjing putih lucu ternyata rubah setelah dia pelihara selama setahun.

Dilansir Oddity Central, Kamis (17/5/2018), awalnya Wang membeli hewan yang dikiranya anjing jenis Japanese Spitz di toko hewan peliharaan di Jinzhong pada 2017 lalu.

Keanehan mulai terjadi ketika pada usia tiga bulan, hewan itu mulai menolak makanan anjing, dan ekornya memanjang melebihi anjing pada umumnya.

Baca juga: Rubah Liar Masuk Rumah, Serang Bayi Tujuh Bulan yang Ditinggal Sendirian

Namun, Wang mengaku tidak begitu peduli dengan perubahan itu, dan terus memberi makan hewan tersebut ayam dan buah-buahan.

Namun, mau tidak mau Wang akhirnya memperhatikan dengan saksama ketika "anjingnya" tidak menggongong, dan anjing peliharaan lain takut padanya.

"Bulunya juga makin menebal, wajahnya meruncing, dan banyak orang mulai berkata anjing saya mirip dengan rubah," kata Wang.

Karena penasaran, Wang lalu membawa peliharaannya ke Kebun Binatang Taiyuan, dan bertemu Sun Letian, pakar pencegahan epidemik pada hewan.

Sun melihat peliharaan Wang dengan begitu detail, lalu menyimpulkan hewan yang Wang pelihara tersebut merupakan seekor rubah putih domestik.

"Dari ukurannya, ini jelas rubah putih. Dia mempunyai bau yang bakal semakin menyengat ketika usianya bertambah," kata Sun.

Selain itu, dia juga menjelaskan kepada Wang bahwa hewan tersebut bisa tumbuh lebih besar dari ukurannya saat ini, yakni sekitar 30 sentimeter.

Meski terkejut, Wang akhirnya memutuskan menyerahkan rubah peliharaannya dalam penanganan ahli di Kebun Binatang Taiyuan.

Di sana, rubah itu bakal diberikan penanganan selayaknya rubah. Wang diizinkan untuk bertemu hewan itu jika dia merindukannya.

Baca juga: Dikira Anjing, Hewan Peliharaan Keluarga Ini Ternyata Beruang Hitam

Sebelumnya, sebuah keluarga di Yunan menyadari bahwa hewan yang mereka pelihara bukanlah anjing, melainkan seekor beruang hitam Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com