Kompas.com - 17/05/2018, 16:00 WIB

SOCHI, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan 14 unit militer di seluruh negeri bakal menerima rudal balistik antar-benua (ICBM) baru hingga akhir 2018 mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan Putin di hadapan petinggi Kementerian Pertahanan di Sochi, seperti dilansir TASS via Newsweek Rabu (16/5/2018).

"Sesuai dengan program persenjataan negara tahun ini, kami bakal mengganti ICBM Topol yang sudah tua dengan rudal Yars," kata Putin.

Baca juga: Putin Klaim Rusia Berhasil Luncurkan Rudal Balistik Supersonik

RS-24 Yars, atau Topol-MR, merupakan versi terbaru dari rudal balistik Topol yang diperkenalkan oleh Rusia pada 2010.

Rudal dengan panjang 20,9 meter, dan bisa menempuh jarak hingga 12.000 kilometer itu bisa ditempatkan di kendaraan pengangkut, maupun menara peluncur.

Selain misil, Putin juga mengumumkan bakal dilakukan modernisasi di sektor penerbangan militer.

Dia menyatakan bakal dilakukan pembaruan terhadap pesawat pembom strategis Tupolev Tu-95MS dan Tu-160.

Kedua pesawat tersebut bakal diperbarui dengan menambahkan rudal penjelajah yang bisa menempuh jarak 5.000 kilometer, Kh-101 dan Kh-102.

Kemudian, Putin juga meminta jajarannya di kemenhan untuk mulai memaksimalkan sistem pertahanan udara S-500 yang bisa menghancurkan obyek hingga luar angkasa.

Sebelumnya, Putin telah memperkenalkan sejumlah senjata baru Rusia. Termasuk di antaranya rudal balistik kelas berat yang bisa dipasang hulu ledak nuklir, RS-28 Sarmat.

Dalam simulasi perkenalan di awal Maret lalu, rudal yang bisa diisi hulu ledak nuklir dengan nama lain Satan 2 itu mampu menjangkau Florida, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: 96 Persen Rudal Balistik Antarbenua Milik Rusia Siap Digunakan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Newsweek


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.