Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyamar Jadi Wanita, Seorang Pria Tipu Pria Lain Hampir Rp 1 Miliar

Kompas.com - 16/05/2018, 20:01 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SHANGHAI, KOMPAS.com - Seorang pria yang tinggal di kawasan paling utara China ditahan atas tindak penipuan terhadap pria lain dengan menyamar sebagai perempuan.

Kanka News via SCMP memberitakan Rabu (16/5/2018), pria bermarga Wang itu menipu pria yang dikenalnya di situs pencarian jodoh hingga 450.000 yuan, atau Rp 992,9 juta.

Awalnya, korban yang bernama Huang, yang tinggal di Shanghai, berkenalan dengan Wang yang berasal dari Harbin pada Januari lalu.

Baca juga: Surat yang Menipu Hitler soal Pendaratan Normandia Dilelang

Dengan menggunakan mesin pengubah suara, Wang berkomunikasi dengan Huang di media sosial WeChat. Tak lupa Wang menyertakan foto perempuan di akun profilnya.

Di Februari, Huang dihubungi oleh Wang, yang meminta bantuan uang dengan alasan ayahnya baru saja meninggal, dan ibunya mengalami kecelakaan mobil.

"Dia meminjam uang kepada saya," kata Huang. "Pada awanya, saya tidak curiga. Saya berusaha sejauh yang saya bisa untuk membantunya," lanjutnya.

Pria berusia 29 tahun tersebut kemudian menghubungi keluarga dan teman-temannya untuk minta bantuan. Dari mereka, dia mengumpulkan 450.000 yuan.

Namun, Huang mulai curiga setelah "gadis" yang dikenalnya itu tidak mengembalikan uangnya. Dia kemudian melaporkan masalahnya kepada polisi lokal Shanghai.

Jumat pekan lalu (11/5/2018), polisi di Harbin, kota yang terletak 2.000 kilometer jauhnya dari Shanghai, menangkap Wang.

Baca juga: Mengaku Punya Jaringan di Mabes Polri, Wanita Ini Tipu Calon Bintara hingga Rp 750 Juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com