Kompas.com - 16/05/2018, 10:33 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Hari ini (16/5/2018) bakal menjadi hari yang terpenting bagi pemimpin de facto Partai Keadilan Rakyat (PKR) Malaysia Anwar Ibrahim, menyusul kemungkinan rencana pembebasannya dari penjara.

Anwar membutuhkan pengampunan dari raja Malaysia untuk dapat bebas dan kembali berkecimpung pada dunia politik.

Lembaga Pengampunan Kerajaan akan mengadakan pertemuan pada hari ini untuk memutuskan pemberian pengampunan kepada pendiri PKR tersebut.

Baca juga: Mahathir: Raja Malaysia Setuju Ampuni Anwar Ibrahim

Anwar hanya butuh pengampunan resmi dari raja yang berkuasa di Malaysia, Yang Dipertuan Agong Sultan Muhammad V. Dengan begitu, tak hanya bebas dari penjara, tapi Anwar dapat kembali ke dunia politik secepatnya.

Dalam wawancaranya, Anwar menyebut negaranya memasuki "era emas" dengan merobohkan rezim korupsi atas tumbangnya koalisi Barisan Nasional dalam pemilihan umum pekan lalu.

"Saya selalu yakin pada kebijaksanaan orang-orang, dan jika kami berjuang cukup keras, kami akhirnya akan menang," katanya kepada Media Fairfax Australia dalam sebuah wawancara.

Anwar adalah pewaris tahta kerajaan sampai Mahathir memecatnya pada tahun 1998 dan dia kemudian dipenjara karena sodomi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Pria berusia 70 tahun ini harus kembali menikmati jeruji besi pada 2015 selama pemerintahan Najib Razak.

Baca juga: Mahathir Mohamad Isyaratkan Hanya Menjabat Selama 2 Tahun

Kemudian, partainya menggabungkan kekuatan dengan oposisi untuk mengalahkan koalisi Barisan Nasional yang berkuasa selama enam dekade.

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan kepada Wall Street Journal, Selasa (15/5/2018), dia akan menjabat selama satu hingga dua tahun, sebelum menyerahkannya kepada Anwar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.