Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erupsi Lagi, Gunung Kilauea di Hawaii Semburkan Abu Vulkanik

Kompas.com - 16/05/2018, 09:45 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

HONOLULU, KOMPAS.com - Gunung api Kilauea di Hawaii, Amerika Serikat, kembali erupsi dengan mengeluarkan abu vulkanik pada Selasa (15/5/2018).

Erupsi tersebut mendorong pihak berwenang memberi peringatan mengenai buruknya kualitas udara dan kemungkinan letusan yang lebih besar.

Lembaga pertahanan sipil Hawaii menyebut, batu-batu berjatuhan dan ledakan gas dari salah satu rekahan di gunung Kilauea menyebabkan erupsi abu vulkanik yang diterpa angin ke arah barat data.

Baca juga: Lava Gunung Kilauea di Hawaii Hancurkan 21 Rumah

Otoritas Hawaii menyatakan, awan abu mencapai ketinggian sekitar 3.000 meter hingga 3.600 meter sehingga harus mengeluarkan peringatan merah.

Penduduk mendapat peringatan mengenai abu yang dapat menganggu pernapasan. Pihak berwenang juga mendesak agar warga menghindari paparan abu dan mengemudi dengan hati-hati.

"Peringatan merah berarti bahaya bagi kesehatan sehingga harus melakukan tindakan untuk mengatasi dampak yang timbul," tulis otoritas Hawaii dalam sebuah pernyataan.

"Abu dapat menyebabkan tersedak dan kesulitan bernapas," imbuhnya.

Sejauh ini, sudah ada 40 rumah dan bangunan lainnya yang hancur terkena lava yang dimuntahkan oleh gunung Kilauea di Big Island, Hawaii.

Baca juga: Gunung Kilauea di Hawaii Erupsi, 10.000 Penduduk Diimbau Waspada

Ilmuwan menilai, lava bakal terus terus menurun ke kawah sehingga lebih banyak celah yang akan terbuka di tanah. Para ahli juga telah memperingatkan kemungkinan letusan gunung api yang besar.

Kilauea merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di dunia dan satu dari lima gunung aktif yang berada di pulau tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com