Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

33 Negara Ini Diklaim Israel Hadiri Peresmian Kedubes AS di Yerusalem

Kompas.com - 15/05/2018, 17:01 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pemerintah Israel mengklaim ada sebanyak 33 negara yang mengirimkan perwakilannya saat peresmian kantor kedutaan besar AS di Yerusalem, Senin (14/5/2018).

Perwakilan ke-33 negara tersebut terdiri dari duta besar maupun diplomat kedutaan yang berwenang.

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan telah mengirimkan undangan kepada 86 negara agar dapat mengutus perwakilannya untuk hadir dalam acara peresmian.

Melansir dari Times of Israel, negara-negara yang mengirimkan wakilnya tersebut terdiri dari 12 negara Afrika, yakni Angola, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Pantai Gading, Etiopia, Kenya, Nigeria, Rwanda, Sudan Selatan, Zambia, dan Tanzania.

Baca juga: Liga Arab: Negara yang Rayakan Peresmian Kedutaan AS di Yerusalem Memalukan

Kemudian ada tujuh negara Amerika Latin, yaitu Paraguay, Guatemala, Republik Dominika, El Savador, Honduras, Peru dan Panama.

Dari kawasan Eropa Timur ada delapan negara yang mengutus perwakilannya, yakni Albania, Georgia, Ukraina, Ceko, Hungaria, Serbia dan Macedonia. Hanya ada satu negara Eropa Barat yang mengutus duta besarnya, yakni Austria.

Sementara dari kawasan Asia disebut ada empat negara yang hadir, yakni Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Terakhir, meski tanpa Presiden Donald Trump, AS tetap mengutus delegasi tinggi yang dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri John J Sullivan.

Trump juga mengutus putrinya, yang juga Penasihat Kepresidenan Ivanka Trump, bersama Penasihat Senior Jared Kushner, Duta Besar untuk Israel David Friedman, Menteri Keuangan Steven Mnuchin, serta Utusan Khusus Negosiasi Internasional, Jason Greenblatt.

Baca juga: Papan Penanda Kantor Kedutaan AS Mulai Dipasang di Yerusalem

Dari tuan rumah, hadir dalam acara peresmian yakni Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Presiden Reuven Rivlin. Selain juga sejumlah petinggi pemerintahan Israel.

Kantor kedutaan besar AS di Yerusalem akan resmi dibuka di kawasan Arnona, menempati gedung yang sebelumnya merupakan kantor konsulat AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com