Kompas.com - 15/05/2018, 17:01 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pemerintah Israel mengklaim ada sebanyak 33 negara yang mengirimkan perwakilannya saat peresmian kantor kedutaan besar AS di Yerusalem, Senin (14/5/2018).

Perwakilan ke-33 negara tersebut terdiri dari duta besar maupun diplomat kedutaan yang berwenang.

Kementerian Luar Negeri Israel mengatakan telah mengirimkan undangan kepada 86 negara agar dapat mengutus perwakilannya untuk hadir dalam acara peresmian.

Melansir dari Times of Israel, negara-negara yang mengirimkan wakilnya tersebut terdiri dari 12 negara Afrika, yakni Angola, Kamerun, Republik Demokratik Kongo, Republik Kongo, Pantai Gading, Etiopia, Kenya, Nigeria, Rwanda, Sudan Selatan, Zambia, dan Tanzania.

Baca juga: Liga Arab: Negara yang Rayakan Peresmian Kedutaan AS di Yerusalem Memalukan

Kemudian ada tujuh negara Amerika Latin, yaitu Paraguay, Guatemala, Republik Dominika, El Savador, Honduras, Peru dan Panama.

Dari kawasan Eropa Timur ada delapan negara yang mengutus perwakilannya, yakni Albania, Georgia, Ukraina, Ceko, Hungaria, Serbia dan Macedonia. Hanya ada satu negara Eropa Barat yang mengutus duta besarnya, yakni Austria.

Sementara dari kawasan Asia disebut ada empat negara yang hadir, yakni Myanmar, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Terakhir, meski tanpa Presiden Donald Trump, AS tetap mengutus delegasi tinggi yang dipimpin Wakil Menteri Luar Negeri John J Sullivan.

Trump juga mengutus putrinya, yang juga Penasihat Kepresidenan Ivanka Trump, bersama Penasihat Senior Jared Kushner, Duta Besar untuk Israel David Friedman, Menteri Keuangan Steven Mnuchin, serta Utusan Khusus Negosiasi Internasional, Jason Greenblatt.

Baca juga: Papan Penanda Kantor Kedutaan AS Mulai Dipasang di Yerusalem

Dari tuan rumah, hadir dalam acara peresmian yakni Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan Presiden Reuven Rivlin. Selain juga sejumlah petinggi pemerintahan Israel.

Kantor kedutaan besar AS di Yerusalem akan resmi dibuka di kawasan Arnona, menempati gedung yang sebelumnya merupakan kantor konsulat AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.