Kompas.com - 15/05/2018, 13:43 WIB
|

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (15/5/2018), akan meresmikan jembatan sepanjang 19 kilometer yang menghubungkan Rusia dan Semenanjung Crimea, wilayah yang dianeksasi Rusia dari Ukraina.

Jembatan Crimea ini akan menjadi yang terpanjang bukan saja di Rusia tetapi di Eropa, melampaui jembatan Vasco da Gama di Lisbon, Portugal.

Rusia menghabiskan biaya sebesar 228 miliar rubel atau hampir Rp 52 triliun untuk membangun jembatan yang membentang di atas Laut Hitam dan Laut Azov untuk menghubungkan wilayah Krasnodar dengan kota Kerch di Crimea.

Sementara itu, pemerintah Ukraina mengecam keras pembangunan jembatan tersebut dan mengatakan proyek itu merusak lingkungan dan kapal-kapal besar tak bisa mencapai pelabuhan milik Ukraina di Laut Azov.

Baca juga: Rusia Klaim Tangkap Agen Ukraina dengan Misi Sabotase di Crimea

Uni Eropa dan AS telah menjatuhkan sanksi untuk semua pihak yang terlibat dalam pembangunan jembatan ini, khususnya sekutu-sekutu dekat Putin seperti pebisnis Arkady Rotenberg pemilik perusahaan Stroygazmontazh yang menjalankan proyek ini.

Sebelum jembatan ini dibangun, amat sulit untuk mencapai Crimea dari wilayah selatan Rusia. Antrean panjang kendaraan jamak terjadi di pelabuhan penyeberangan.

Kesulitan bertambah saat musim dingin tiba karena badai menyebabkan kapal feri tak bisa berlayar. Sejauh ini cara termudah menuju Crimea dari wilayah selatan Rusia adalah dengan menggunakan pesawat terbang.

Akibat blokade dan sanksi yang diberlakukan Kiev dan Barat, Rusia harus mengangkut bahan pangan dalam jumlah besar ke Crimea dengan menggunakan kapal.

Artinya keberadaan jembatan ini menjadi amat penting untuk mengurangi ketergantungan wilayah itu terhadap transportasi laut.

Di masa Rusia diperintah Tsar Nicholas II, jembatan semacam ini pernah digagas tetapi Perang Dunia I mengakibatkan keinginan membangun jembatan buyar.

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.