Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setiap Tahun, Warga Kota Ini Habiskan 250 Jam Terjebak Macet

Kompas.com - 15/05/2018, 10:55 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

BANGALORE, KOMPAS.com - Di Bangalore, ibu kota Negara Bagian Karnataka, India ini, setiap tahun warganya menghabiskan 250 jam terjebak kemacetan.

BBC mewartakan Selasa (15/5/2018), salah satu titik kemacetan ada di Silk Board, jalan menuju kawasan industri teknologi Electronic City.

Salah seorang warga, Saroja Gowda berkata, di Silk Board, kemacetan ada setiap 1-2 kilometer. "Saya tidak bisa ke kantor tepat waktu," keluhnya.

Baca juga: Arus Lalu Lintas di Sekitar Monas Mulai Macet Jumat Pagi Ini

Karena itu, perempuan yang bekerja sebagai karyawan IT sebuah perusahaan di Electronic City itu harus membuka laptopnya, dan bekerja selama perjalanan.

Gowda berujar seperti dirinya, terdapat karyawan IT lain yang setiap hari harus melintasi kawasan yang sangat macet itu.

Akibatnya, banyak dari mereka yang memilih keluar dari pekerjaannya meski mereka tergolong pegawai yang mempunyai kemampuan bagus.

"Mereka tidak ingin terjebak macet. Jadi, mereka lebih memilih pekerjaan yang dekat rumah meski gajinya kecil" ujar Gowda kembali.

Sejumlah warga yang tidak ingin terkena macet, dan mempunyai kantong tebal, memilih moda transportasi udara seperti helikopter.

Govind Nair dari Thumby Aviation berujar, rata-rata setiap hari, orang menghabiskan sekitar tiga jam berada di jalan.

Jika menggunakan helikopter, mereka hanya butuh waktu sekitar 15 menit dari kantor ke bandara, atau menuju rumah mereka.

"Anda masih punya dua jam waktu yang bisa Anda pergunakan untuk bekerja, atau sekadar berkumpul dengan keluarga," beber Nair.

Baca juga: Macet, Kotor, dan Semrawut Akibat Bagi-bagi Sembako di Monas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com