Kompas.com - 14/05/2018, 21:21 WIB

KOMPAS.com - Menyebut film Star Wars, maka tidak akan bisa dipisahkan dari nama George Lucas, seorang penulis, sutradara dan pengusaha.

Namanya seolah telah menjadi jaminan sukses bagi sebuah film yang dibuatnya. Namun bagaimana kisah perjalanan kariernya hingga akhirnya bisa bisa sebesar sekarang?

Awal Kehidupan

Terlahir dengan nama George Walton Lucas Junior pada 14 Mei 1944 di Modesto, California. Kedua orangtuanya memiliki bisnis penjualan peralatan perkantoran dan memiliki perkebunan buah kenari.

Lucas muda awalnya lebih terobsesi untuk menjadi seorang pebalap. Namun sebuah kecelakaan nyaris fatal yang dialaminya hanya beberapa hari menjelang kelulusan SMA membuatnya berubah pikiran.

Baca juga: Rayakan Star Wars Day, Legoland Malaysia Gelar Beragam Aktivitas Seru

Dia pun beralih mengembangkan minat terhadap sinematografi dan trik kamera. Setelahnya, atas saran seorang teman, Lucas pindah ke sekolah khusus pembuatan film di Universitas Southern California.

Di sana dia mulai menggeluti seluk beluk film fiksi ilmiah dan menghasilkan film pendek bertema futuristik pertamanya, Electronic Labyrinth: THX 1138 4EB.

Film berdurasi 15 menit itu meraih juara pertama dalam Festival Film Pelajar Nasional yang dilangsungkan pada 1965. Setahun setelahnya, pada 1966, Lucas lulus dan meraih gelar sarjana dari jurusan film.

Lucas sempat menjalani program magang selama setengah tahun pada 1967 di Warner Brothers. Ketika itu dia bekerja di bawah sutradara ternama, Francis Ford Coppola, di mana Lucas ikut terlibat dalam produksi film berjudul Finian’s Rainbow (1968).

Baca juga: Mengenal 501st Legion, Komunitas Resmi Penggemar Star Wars

Pada 1971, Coppola yang memuji film pendek Lucas semasa kuliah berhasil membujuk studio Warner Brothers dan Seven Arts untuk membuat versi panjangnya. Namun film itu terlalu sukses di pasaran.

Lucasfilm dan Lahirnya Star Wars

Pada 1971, Lucas mendirikan perusahaan produksi film sendiri yang diberi nama Lucasfilm Ltd.

Dia kemudian membuka divisi khusus spesial efek Industrial Light & Magic (ILM) pada 1975, yang kemudian akan menjadi salah satu pembuat spesial efek paling bergengsi di Amerika.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.