Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: George Lucas, Pencipta Kisah Epik Star Wars

Kompas.com - 14/05/2018, 21:21 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Menyebut film Star Wars, maka tidak akan bisa dipisahkan dari nama George Lucas, seorang penulis, sutradara dan pengusaha.

Namanya seolah telah menjadi jaminan sukses bagi sebuah film yang dibuatnya. Namun bagaimana kisah perjalanan kariernya hingga akhirnya bisa bisa sebesar sekarang?

Awal Kehidupan

Terlahir dengan nama George Walton Lucas Junior pada 14 Mei 1944 di Modesto, California. Kedua orangtuanya memiliki bisnis penjualan peralatan perkantoran dan memiliki perkebunan buah kenari.

Lucas muda awalnya lebih terobsesi untuk menjadi seorang pebalap. Namun sebuah kecelakaan nyaris fatal yang dialaminya hanya beberapa hari menjelang kelulusan SMA membuatnya berubah pikiran.

Baca juga: Rayakan Star Wars Day, Legoland Malaysia Gelar Beragam Aktivitas Seru

Dia pun beralih mengembangkan minat terhadap sinematografi dan trik kamera. Setelahnya, atas saran seorang teman, Lucas pindah ke sekolah khusus pembuatan film di Universitas Southern California.

Di sana dia mulai menggeluti seluk beluk film fiksi ilmiah dan menghasilkan film pendek bertema futuristik pertamanya, Electronic Labyrinth: THX 1138 4EB.

Film berdurasi 15 menit itu meraih juara pertama dalam Festival Film Pelajar Nasional yang dilangsungkan pada 1965. Setahun setelahnya, pada 1966, Lucas lulus dan meraih gelar sarjana dari jurusan film.

Lucas sempat menjalani program magang selama setengah tahun pada 1967 di Warner Brothers. Ketika itu dia bekerja di bawah sutradara ternama, Francis Ford Coppola, di mana Lucas ikut terlibat dalam produksi film berjudul Finian’s Rainbow (1968).

Baca juga: Mengenal 501st Legion, Komunitas Resmi Penggemar Star Wars

Pada 1971, Coppola yang memuji film pendek Lucas semasa kuliah berhasil membujuk studio Warner Brothers dan Seven Arts untuk membuat versi panjangnya. Namun film itu terlalu sukses di pasaran.

Lucasfilm dan Lahirnya Star Wars

Pada 1971, Lucas mendirikan perusahaan produksi film sendiri yang diberi nama Lucasfilm Ltd.

Dia kemudian membuka divisi khusus spesial efek Industrial Light & Magic (ILM) pada 1975, yang kemudian akan menjadi salah satu pembuat spesial efek paling bergengsi di Amerika.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com