Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Trump Diabadikan dalam Koin Khusus di Israel

Kompas.com - 14/05/2018, 17:56 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Sebuah organisasi nonprofit di Israel telah mencetak koin khusus untuk memperingati momen bersejarah terkait pemindahan kedutaan Amerika ke Yerusalem.

Pusat Pendidikan Mikdash mencetak Koin Kuil secara terbatas sebanyak 1.000 keping dalam rangka memperingati 70 tahun berdirinya Israel sekaligus penghormatan kepada Presiden AS Donald Trump.

Dalam koin khusus yang dicetak terbatas tersebut, terpampang wajah Trump bersama dengan Raja Cyrus, yang 2.500 tahun lalu membawa orang Yahudi kembali ke Yerusalem dari pengasingan.

"Presiden Trump telah memulai proses yang telah diramalkan dengan memindahkan Kedutaan Besar Amerika ke Yerusalem."

Baca juga: Israel Klaim Wakil 33 Negara akan Hadiri Peresmian Kedubes AS di Yerusalem

"Sama seperti Raja Cyrus pada 2.500 tahun lalu yang mengatakan mendapat tugas untuk membangun rumah di Yerusalem. Di sini sekali lagi, Presiden Trump membangun sebuah rumah di Yerusalem," tulis organisasi itu dalam sebuah pernyataan.

Koin berdiameter dua inci tersebut terbuat dari timah dan dilapisi emas. Koin tersebut akan dijual seharga 70 dollar AS (sekitar Rp 980.000).

"Desain ukiran yang indah mengumumkan deklarasi Trump-Balfour-Cyrus untuk menunjukkan bahwa kita merupakan bagian dari proses yang luar biasa dan bersejarah menuju pengakuan umat manusia atas peran Yerusalem," tambah pernyataan itu.

Meski tak dapat digunakan sebagai alat pembayaran, koin tersebut bisa menjadi kenang-kenangan yang berharga berkaitan dengan pemindahan kedutaan besar AS di Yerusalem.

Selain koin kuil tersebut, sebelumnya Pusat Pendidikan Mikdash juga telah mecetak 1.000 keping koin serupa berlapis perak yang seharga 50 dollar (sekitar Rp 690.000).

Baca juga: Putri Trump Hadiri Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com