Kompas.com - 14/05/2018, 08:09 WIB

BEIRUT, KOMPAS.com - Kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim insiden teror penikaman di Paris pada Sabtu (12/5/2018) malam.

Keesokan harinya, ISIS merilis video yang menunjukkan seorang pria muda. ISIS menyebut, pria tersebut merupakan penyerang teror Paris.

Dengan penutup kepala dan wajah, kecuali bagian mata, pria muda itu berjanji untuk setia kepada kelompok tersebut.

Baca juga: Teror Pria Bersenjata Pisau di Paris, 1 Tewas Tertikam dan 4 Terluka

Dilansir dari AFP, Minggu (13/5/2018), media propaganda ISIS, Amaq, mengunggah video secara online menggunakan Telegram.

Pria itu berbicara dengan bahasa Perancis, dan menyerukan kesetiaannya kepada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

Sementara, kepolisian Perancis mengidentifikasi pelaku sebagai Khamzat Azimov (20). Pelaku yang ditembak mati itu merupakan warga negara Perancis, kelahiran Chechnya.

Sebelum pukul 20.50 waktu setempat, pelaku memegang sebilah pisau sepanjang 10 cm menyerang Rue Monsigny, dekat dengan Place de L'Opera, sebuah area di pusat Paris yang dipenuhi restoran, bar, dan lokasi turis.

Berdasarkan kesaksian warga, pelaku menyerang secara acak di jalanan, menewaskan satu orang dan empat lainnya mengalami luka.

Baca juga: Usai Kalahkan ISIS, Irak Gelar Pemilu

Perdana Menteri Perancis Edouard Philippe mengatakan, polisi berada di lokasi dalam waktu lima menit setelah penyerangan terjadi. Sekitar 9 menit kemudian, penyerang ditembak mati.

"Kecepatan respons polisi jelas menghindari jumlah korban yang lebih banyak," ucap Philippe.

Seorang sumber kepolisian menyebut, seorang petugas mencoba untuk mengamankan pelaku dengan senjata kejut Taser, namun gagal.

Polisi juga menangkap orangtua pelaku pada Minggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.