Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Jepang Berupaya Temui Trump Sebelum Konferensi AS-Korut

Kompas.com - 12/05/2018, 08:08 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang sedang mencoba mengatur agar Perdana Menteri Shinzo Abe dapat bertemu dengan Presiden AS Donald Trump sebelum dilangsungkannya pertemuan tingkat tinggi antara AS dengan Korea Utara di Singapura, 12 Juni mendatang.

Abe berharap dapat bertemu Trump di sela-sela konferensi antar-negara industri, G7, yang akan dilangsungkan di Kanada pada 8-9 Juni.

Abe mengatakan ingin bertemu Trump untuk mengkoordinasikan upaya menyelesaikan masalah terkait Pyongyang.

Perdana menteri diyakini akan meminta Trump untuk mendesak Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong Un, untuk segera menyelesaikan masalah penculikan warga negara Jepang oleh agen Korut yang terjadi pada masa 1970-1980an.

Baca juga: Shinzo Abe Ingin Bertemu dengan Kim Jong Un

Isu penculikan tersebut memang tengah menjadi prioritas Abe yang membuatnya selalu menitipkan pesan kepada pihak yang akan bertemu dengan Korut.

Abe optimistis, usai dibebaskannya tiga warga AS yang ditahan oleh Korea Utara, pertemuan Trump dengan Kim bakal membawa kemajuan dalam kasus penculikan warga Jepang oleh negara tertutup itu.

"Akan menjadi sangat baik (bagi kedua pemimpin negara) untuk bertemu, dan mereka berdua akan melakukannya," kata sumber pemerintah Jepang, dilansir SCMP.

Selain menitipkan pesan terkait penculikan warganya, PM Jepang juga berharap untuk dapat menegaskan kembali perlunya mendesak Pyongyang meninggalkan program senjata pemusnah massalnya, termasuk senjata kimia dan biologi, selain rudal nuklir.

Mengenai peluang kemungkinan pertemuan Abe dengan Trump, Kepala Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga, mengatakan bahwa Jepang bertujuan untuk menyampaikan sikapnya dan memberikan dukungan kepada AS.

Spekulasi muncul bahwa Trump dapat mengunjungi Jepang usai pertemuannya dengan Kim di Singapura untuk menjelaskan hasil pertemuan kepada Abe.

Baca juga: Korsel, China dan Jepang Gelar Pertemuan Trilateral Pekan Depan

Sebelumnya pada Kamis (10/5/2018), Trump telah mengumumkan jadwal pertemuannya dengan pemimpin Korea Utara yang akan dilangsungkan pada 12 Juni mendatang di Singapura.

Jika terlaksana, pertemuan itu akan menjadi kali pertama pertemuan tingkat tinggi dilangsungkan antara Presiden AS dengan Pemimpin Korut.

Selain itu, tiga negara, Jepang, China dan Korea Selatan juga telah menyatakan kesediaan bertemu dalam pertemuan trilateral di Tokyo, pada Rabu (16/5/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com