Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Listrik Padam saat Operasi, Dokter Gunakan Lampu Ponsel

Kompas.com - 11/05/2018, 19:33 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

 

LA PLATA, KOMPAS.com - Para dokter yang tengah melakukan tindakan operasi di sebuah rumah sakit di Argentina ini terpaksa menggunakan lampu ponsel sebagai penerangan saat mendadak listrik di kota tersebut padam.

Insiden itu terjadi di kota La Plata, provinsi Buenos Aires, timur Argentina. Saat itu listrik pada di tiga kota. Selain La Plata, listrik padam juga meninggalkan kota Berisso dan Ensenada dalam kegelapan.

Menurut Ariel Longuino, seorang dokter di rumah sakit di kota La Plata, saat listrik padam dirinya sedang bertugas dan beberapa dokter sedang melakukan operasi.

Baca juga: Listrik Padam, Bandara Atlanta di AS Batalkan 1.142 Penerbangan

"Listrik padam dan generator terlambat menyala selama sekitar tujuh menit, akibatya tim dokter yang sedang melakukan operasi harus melanjutkan dengan menggunakan lampu ponsel mereka sebagai penerangan," kata Longuino dilansir Metro.co.uk.

"Tindakan itu terpaksa dilakukan karena mereka sedang melakukan operasi yang berisiko," tambahnya.

Laporan lain menyebut sebuah operasi kardiovaskular terpaksa dihentikan demi mencegah terjadinya komplikasi.

Padamnya listrik juga berdampak pada unit perawatan intensif anak-anak di mana sejumlah respirator atau alat bantu pernapasan berhenti bekerja.

Meski demikian, menurut Longuino, insiden padam listrik tidak menimbulkan kerusakan berarti berkat tindakan cepat yang dilakukan para staf rumah sakit.

Listrik padam yang melanda di tiga kota tersebut dilaporkan disebabkan kecelakaan yang merobohkan dua tiang listrik di sekitar Melchor Romero.

Baca juga: Listrik Padam, KRL Jurusan Tanah Abang-Serpong Sempat Tertahan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com