Kompas.com - 10/05/2018, 22:09 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mengumumkan momen pertemuannya dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Dari kicauannya di Twitter Kamis (10/5/2018), Trump menyatakan pertemuan tersebut bakal digelar pada 12 Juni mendatang di Singapura.

"Kami berdua bakal mencoba untuk membuat pertemuan ini menjadi momen spesial bagi perdamaian dunia!" kata Trump dalam kicauannya.

Singapura memang menjadi kandidat terkuat pertemuan kedua pemimpin itu. Sebab, selain netral, jaraknya bisa dijangkau pesawat Kim.

Baca juga : Trump-Kim Jong Un Dikabarkan Bertemu di Singapura pada Juni

Dengan berjarak 4.947 kilometer dari Pyongyang, Kim bisa hadir di sana dengan menumpang pesawat kenegaraannya, Chammae-1.

Negara berjuluk Lion City itu sudah diputuskan oleh Kim dan Trump berdasarkan penuturan salah seorang sumber di Korea Selatan (Korsel).

Tanggal pertemuan pun sengaja disesuaikan selepas pertemuan negara anggota G7 di Kanada pada 8 sampai 9 Juni mendatang.

Hubungan Kim dan Trump begitu panas sepanjang 2017 lalu, dengan kedua belah pihak saling melontarkan komentar pedas.

Trump misalnya. Dia menyebut Kim sebagai "Si Pria Roket". Ejekan itu dibalas Kim dengan menyatakan Trump sebagai "orang tua berpenyakit mental".

Namun, hubungan mereka berdua mulai mencair di 2018. Terbaru, Kim setuju untuk melepaskan tiga warga negara AS yang ditahan Korut atas tuduhan spionase.

Sebelum akhirnya memutuskan Singapura, rumor berhembus bahwa Trump mempertimbangkan Panmunjom yang merupakan zona demiliterisasi di Korsel.

Dia dikabarkan sangat terpukau dengan pertemuan Kim dan Presiden Korsel Moon Jae In dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea 27 April lalu.

Baca juga : Media Korsel: Singapura Calon Terkuat Tuan Rumah Pertemuan Trump dan Kim

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Twitter


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.