Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Bertemu Kim Jong Un di Singapura pada 12 Juni

Kompas.com - 10/05/2018, 22:09 WIB
Ericssen,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

Sumber Twitter

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akhirnya mengumumkan momen pertemuannya dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Dari kicauannya di Twitter Kamis (10/5/2018), Trump menyatakan pertemuan tersebut bakal digelar pada 12 Juni mendatang di Singapura.

"Kami berdua bakal mencoba untuk membuat pertemuan ini menjadi momen spesial bagi perdamaian dunia!" kata Trump dalam kicauannya.

Singapura memang menjadi kandidat terkuat pertemuan kedua pemimpin itu. Sebab, selain netral, jaraknya bisa dijangkau pesawat Kim.

Baca juga : Trump-Kim Jong Un Dikabarkan Bertemu di Singapura pada Juni

Dengan berjarak 4.947 kilometer dari Pyongyang, Kim bisa hadir di sana dengan menumpang pesawat kenegaraannya, Chammae-1.

Negara berjuluk Lion City itu sudah diputuskan oleh Kim dan Trump berdasarkan penuturan salah seorang sumber di Korea Selatan (Korsel).

Tanggal pertemuan pun sengaja disesuaikan selepas pertemuan negara anggota G7 di Kanada pada 8 sampai 9 Juni mendatang.

Hubungan Kim dan Trump begitu panas sepanjang 2017 lalu, dengan kedua belah pihak saling melontarkan komentar pedas.

Trump misalnya. Dia menyebut Kim sebagai "Si Pria Roket". Ejekan itu dibalas Kim dengan menyatakan Trump sebagai "orang tua berpenyakit mental".

Namun, hubungan mereka berdua mulai mencair di 2018. Terbaru, Kim setuju untuk melepaskan tiga warga negara AS yang ditahan Korut atas tuduhan spionase.

Sebelum akhirnya memutuskan Singapura, rumor berhembus bahwa Trump mempertimbangkan Panmunjom yang merupakan zona demiliterisasi di Korsel.

Dia dikabarkan sangat terpukau dengan pertemuan Kim dan Presiden Korsel Moon Jae In dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea 27 April lalu.

Baca juga : Media Korsel: Singapura Calon Terkuat Tuan Rumah Pertemuan Trump dan Kim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Twitter
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com