Kompas.com - 10/05/2018, 20:31 WIB

KOMPAS.com - Bagaimana jika huruf braille tidak pernah ditemukan? Apakah penyandang tunanetra tetap bisa membaca seperti orang yang memiliki penglihatan normal?

Kita tidak pernah tahu jawabannya, tapi yang pasti huruf Braille menjadi salah satu penemuan paling bermanfaat bagi tunanetra.

Dengan menyederhanakan kombinasi dua belas titik dari kode yang digunakan pasukan tentara, Braille memudahkan metode tersebut menjadi enam titik.

Huruf Braille memungkinkan tunanetra dapat membaca dan menulis. Sistemnya diterima secara global bagi mereka yang memiliki gangguan penglihatan.

Kelahiran dan buta usia 5 tahun

Louis Braille lahir pada 4 Januari 1809 di Coupvray, Perancis. Dia merupakan anak keempat dari Simon-Rene Braille dan Monique Braille.

Ayah Braille seorang pembuat pelana dan berbagai perlengkapan berkaitan dengan pacu kuda.

Ketika berusia tiga tahun, mata Braille kecil tertusuk jarum yang dipakai untuk membuat lubang pada bahan kulit. Kedua matanya infeksi.

Baca juga : Biografi Tokoh Dunia: Coco Chanel, Anak Panti Asuhan Berubah Jadi Ikon Mode

Pada usia lima tahun, dia benar-benar kehilangan dua indra penglihatnya.

Orangtua Braille tak menyerah. Mereka tetap ingin mendidik anak mereka di sekolah dan Braille menjadi siswa yang penuh perhatian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.