Kompas.com - 10/05/2018, 18:06 WIB
|

MOSKWA, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Rusia, Kamis (10/5/2018), mengatakan, Israel mengerahkan 28 pesawat tempur dan menembakkan 70 misil ke wilayah Suriah.

"28 jet tempur F-15 dan F-16 milik Isrel dikerahkan dan menembakkan sekitar 60 misil udara-darat ke berbagai sasaran di Suriah. Israel juga menembakkan lebih dari 10 misil taktis darat ke darat," demikian pernyataan Kemenhan Rusia seperti dikutip kantor berita Interfax.

Rusia menambahkan, sistem pertahanan udara Suriah menembak lebih dari separuh misil yang dilepaskan Israel. Sementara, seberapa besar kerusakan akibat serangan itu belum diketahui.

"Lokasi-lokasi pasukan Iran dan posisi pertahanan udara Suriah di sekitar Damaskus dan di wilayah selatan Suriah menjadi sasaran serangan," tambah Kemenhan.

Baca juga : Iran Tembakkan 20 Misil ke Wilayah Israel

Israel menggelar serangan sebagai balasan penembakan 20 buah misil dari Suriah ke posisi militernya di Dataran Tinggi Golan pada Rabu malam.

Israel menuding pasukan Al-Quds Iran yang menjadi pelaku penembakan misil itu. Israel menambahkan sistem pertahanannya berhasil merontokkan empat misil dan sisanya tak mendarat di wilayah Israel.

Pada Kamis, wakil menteri luar negeri Rusia Mikhail Bogdanov meminta semua pihak menahan diri. Bogdanov menambahkan, Moskwa amat prihatin dengan perkembangan tersebut.

Serangan itu terjadi sehari setelah PM Benyamin Netanyahu bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Moskwa untuk membicarakan perkembangan terakhir di Timur Tengah.

Dalam pertemuan itu Putin menyatakan keprihatinannya karena Presiden AS Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir dengan Iran yang diteken pada 2015.

Keputusan Trump ini mendapat dukungan penuh dari PM Netanyahu.

Baca juga : Liga Arab Serukan Revisi Kesepakatan Nuklir Iran

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.