Kompas.com - 10/05/2018, 12:20 WIB

KOMPAS.com - Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe pernah dinobatkan sebagai pemimpin tertua di dunia. Mengundurkan diri atas desakan militer, saat itu Mugabe berusia 93 tahun.

Kali ini, dunia dikejutkan dengan pemilihan umum Malaysia yang menenangkan Mahathir Mohamad dari oposisi koalisi. Mahathir akan menjadi pemimpin tertua di dunia dengan usia 92 tahun.

Baca juga : Di Usia 92 Tahun, Mahathir Akan Jadi Pemimpin Tertua di Dunia

Lalu, siapa saja pemimpin negara di dunia yang tidak lagi berumur muda dan masih aktif?

Berusia lebih dari 90 tahun

Ratu Elizabeth II di Inggris lahir pada 21 April 1926 dan menjadi kepala negara dengan usia 92 tahun atau tertua di dunia. Dia menjadi ratu pada 1942 pada usia 25 tahun, menyusul kematian ayahnya, Raja George IV.

Presiden Tunisia Beji Caid Essebi kini berusia 91 tahun, dan bakal menginjak umur 92 tahun pada November mendatang. Dia merupakan pemimpin tertua yang pernah terpilih melalui pemilu pada akhir 2014.

Presiden tertua di Benua Afrika

Beberapa negara di Afrika telah dikuasai oleh pemimpin selama puluhan tahun sehingga presiden masih aktif hingga usia uzur.

Seperti Presiden Kamerun Paul Biya yang telah memimpin sejak 1982. Lahir pada 13 Februari 1933, Biya kini berusia 85 tahun.

Baca juga : Kaisar Jepang Akihito Berulang Tahun ke-84, Ini Janjinya...

Berikutnya, Presiden Algeria Abdelaziz Bouteflika yang berkuasa sejak 1999, kembali terpilih untuk keempat kalinya pada 2014. Saat ini, Bouteflika berumur 81 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.