Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Perbandingan Pesawat Kenegaraan AS dan Korea Utara

Kompas.com - 09/05/2018, 21:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Tanggal pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un belum diketahui.

Dua tempat menjadi kandidat kuat lokasi pertemuan Kim dan Trump. Yakni desa Panmunjom di Korea Selatan (Korsel), dan Singapura.

Berikut merupakan perbandingan Chammae-1, pesawat yang ditumpangi Kim, dan Air Force One yang dinaiki Trump jika pertemuan digelar di Singapura.

1. Chammae-1
Dinamakan sesuai nama burung elang khas Korut, Chammae-1 merupakan jenis pesawat Ilyushin Il-62 yang memiliki panjang 53,12 meter, dan lebar dengan sayap 43,20 meter.

Ditopang dengan empat mesin turbojet, pesawat buatan Uni Soviet tersebut cocok untuk penerbangan jarak menengah dan jauh dengan muatan besar.

Pesawat Il-62 yang dimiliki Korut mampu terbang dengan kecepatan maksimal 900 kilometer per jam, dan disebut bisa menempuh jarak hingga 5.000 kilometer.

Baca juga : Inilah Fakta Seputar Chammae-1, Jet Khusus Milik Kim Jong Un

Pertama kali diterbangkan pada 1963, pesawat ini menjadi yang terbesar di masanya sebelum berhenti diproduksi pada 1995.

Korut diyakini mempunyai dua pesawat jenis Il-62. Selain dipakai Kim, adiknya, Kim Yo Jong, juga menaikinya ketika berkunjung ke Korsel.

Pesawat ini muncul pertama kali di hadapan publik empat tahun lalu. Tidak dapat dipastikan kapan pesawat ini menjadi milik Korut.

Surat kabar Korut, Rodong Sinmun, memperlihatkan sebuah kursi kulit mewah berwarna putih yang digunakan oleh Kim. Kemudian, nampak juga sebuah meja kayu mengilap dengan asbak kristal di atasnya.

Sementara pada sisi luar turut dihiasi lambang nasional berwarna merah kuning, bendera nasional, serta sebuah kalimat yang berarti "Ketua Komisi Urusan Negara", sebuah jabatan politik utama Kim.

Pesawat ini sudah digunakan Kim ketika mengunjungi Presiden China Xi Jinping di kota Dalian pada Senin (7/5/2018).

Pakar menduga, kunjungan Kim ke Dalian sekaligus untuk menguji coba pesawatnya. Jarak Korut ke Singapura adalah 4.947 kilometer. Sedangkan Pyongyang ke Dalian sekitar 359 kilometer.

Baca juga : Analis: Pesawat Kim Jong Un Tidak Layak untuk Bertemu dengan Trump

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com