Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi: Pada 2030 Indonesia Jadi Negara Terkuat Keempat di Asia Pasifik

Kompas.com - 09/05/2018, 13:41 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Menurut studi yang digelar Lowy Institute, Indonesia bukan merupakan negara terkuat di Asia Tenggara. Menurut studi itu, posisi Indonesia berada di bawah Malaysia dan Singapura.

Namun, masih menurut Lowy, Indonesia akan melampaui dua negara tetangganya itu pada 2030.

Kesimpulan ini disampaikan dalam peringkat The Asia Power Indeks 2018 yang menempatkan Indonesia di posisi ke-10 di antara 25 negara di kawasan Asia Pasifik.

Sementara Singapura menurut studi ini menempati urutan kedelapan dan Malaysia kesembilan. Amerika Serikat dan China masih mendominasi kawasan ini disusul Jepang, India, dan Rusia.

Baca juga : Indeks Persepsi Korupsi 2017: Peringkat Indonesia di Bawah Timor Leste

Studi yang dilakukan Lowy ini memperhatikan delapan kategori yaitu sumber daya ekonomi, kemampuan militer, daya tahan, tren masa depan, pengaruh diplomatik, hubungan ekonomi, jaringan pertahanan, dan pengaruh budaya.

Setiap katagori memiliki nilai tersendiri, meski katagori sumber daya ekonomi dan kemampuan militer memiliki nilai lebih besar ketimbang katagori lainnya.

Secara total Indonesia mendapatkan nilai 20,0 jauh di bawah Amerika Serikat (85,5), China (75.5), dan Jepang (42,1). Sementara Singapura mendapat nilai (27,9) sedangkan Malaysia 20,6.

Meski dalam hal sumber daya ekonomi dan kekuatan militer Malaysia berada di bawah Indonesia, tetapi Negeri Jiran itu memiliki hubungan perekonomian dan jaringan pertahanan yang lebih baik.

Artinya, memiliki sumber daya yang melimpah tak serta merta membuat sebuah negara memiliki kekuatan dan pengaruh di kawasannya.

Hal serupa juga dialami Singapura, yang menurut Lowy memiliki pengaruh besar dalam jaringan hubungan regional meski secara sumber daya dan kekuatan militer amat kecil.

Kemampuan militer, hubungan ekonomi, dan jaringan pertahanan adalah tiga katagori di mana Indonesia menempati peringkat ke-13, yang nilainya lebih rendah dibanding katagori lainnya.

Meski demikian, militer Indonesia saat ini tengah melakukan modernisasi untuk mencapai kekuatan esensial minimum (MEF) dan diharapkan proses modernisasi ini akan selesai pada 2024.

Negara-negara dengan nilai di atas 70 diklasifikasikan sebagai negara adidaya, sedangkan negara dengan nilai 40-70 masuk katagori negara besar. Sedangkan yang bernilai di atas 10 masuk katagori negara menengah, dan negara dengan nilai di bawah 10 dianggap sebagai kekuatan kecil.

Catatan Lowy juga menunjukkan Indonesia adalah negara dengan performa tak terlalu bagus dalam indeks disparitas kekuatan di kawasan Asia Pasifik.

Dalam katagori ini, Jepang menempati peringkat teratas mengungguli Amerika Serikat dan China atau negara-negara yang dianggap memiliki performa baik seperti Singapura, Australia, dan Korea Selatan.

Baca juga : Peringkat Indonesia dalam Kemudahan Investasi Naik, Jokowi Belum Puas

Kembali ke Indonesia, meski hasil studi ini tak terlalu menggembirakan, tetapi Lowy memprediksi Indonesia akan meninggalkan negara-negara lain Asia Tenggara pada 2030, termasuk Singapura dan Malaysia.

Lowy memprediksi, pada 2030 dalam indeks yang sama Indonesia akan berada di peringkat keempat di kawasan Asia Pasifik di bawah China, Amerika Serikat, dan India.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com