Kompas.com - 09/05/2018, 08:25 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo melakukan perjalanan ke Korea Utara untuk menyiapkan pertemuan Presiden Donald Trump dan Kim Jong Un.

Diwartakan ABC News, Selasa (8/5/2018), lawatan rahasia Pompeo ke Korut ini merupakan yang kedua kalinya, menandakan pemerintahan Trump untuk mempercepat pembukaan diplomatik dengan negara yang tertutup tersebut.

Pompeo terbang menuju Pyongyang melalui Alaska dan berhenti di Jepang. Dia meninggalkan AS sejak Senin (7/5/2018) malam.

Baca juga: Gedung Putih Rilis Foto Pompeo Berjabat Tangan dengan Kim Jong Un

Trump mengungkapkan perjalanan Pompeo ke Korut saat dia mengumumkan penarikan AS dari kesepakatan nuklir Iran di Gedung Putih.

"Saat ini, Menlu Pompeo sedang dalam perjalanan ke Korut untuk menyiapkan pertemuan saya dengan Kim Jong Un," ucapnya.

Dia tidak menyebutkan siapa yang akan ditemui oleh Pompeo ketika berada di Pyongyang.

"Kami siap bertemu siapa saja yang dapat berbicara atas nama pemerintah Korut," kata Trump.

Trump menyebutkan, lokasi, waktu, dan tanggal pertemuannya dengan Kim Jong Un telah ditentukan. Dia berharap, pembicaraan tersebut dapat meraih keberhasilan.

Pada lawatan pertama Pompeo sekitar satu bulan lalu, dia bertemu dengan Kim Jong Un selama lebih dari 1 jam. Saat itu, dia masih menjabat sebagai direktur CIA.

AFP melaporkan, perjalanan pertama Pompeo ke Korut bertujuan untuk menentukan kerangka pertemuan Trump dan Kim, termasuk agenda, tanggal, lokasi, dan waktu.

Baca juga: Bakal Dibebaskan, Siapa Tiga Warga AS yang Ditahan Korut?

Perjalanan kedua ini bertujuan untuk menetapkan bahwa AS tidak akan meringankan sanksi sampai mencapai tujuan denuklirisasi.

"Kami berharap untuk menetapkan serangkaian kondisi untuk memberi mereka kesempatan melakukan perubahan besar yang bersejarah," ucap Pompeo.

Selain itu, dia juga akan menekan Kim untuk membebaskan tiga warga AS yang ditahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP,ABC News


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.