Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Kembali Bertemu Xi Jinping Jelang Pertemuan dengan Trump

Kompas.com - 08/05/2018, 19:54 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP,Xinhuanet

BEIJING, KOMPAS.com - Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan kembali berkunjung ke China, pada Selasa (8/5/2018). Kim bertemu dengan Presiden China Xi Jinping menjelang konferensi tingkat tinggi antara Korut dengan AS.

Dalam siaran stasiun televisi pemerintah, CCTV, tampak Xi dan Kim berjalan bersama di dekat laut di kota Dalian dan melakukan pembicaraan.

Media pemerintah Xinhua memberitakan kemudian bahwa kedua pemimpin negara bertemu selama dua hari sejak Senin (7/5/2018).

Baca juga : 6 Kebiasaan Aneh Kim Jong Un saat Melakukan Perjalanan

Itu menjadi kunjungan kedua Kim ke China sejak Maret dalam rangka upaya memperbaiki hubungan kedua negara yang bersahabat sejak era Perang Dingin.

Hubungan antara China dengan Korut sempat merenggang karena Beijing yang mendukung pemberian sanksi PBB kepada Pyongyang atas program pengembangan nuklir mereka.

Sedangkan dari sisi Beijing, berupaya agar mereka dapat tetap berperan dalam proses perdamaian antara dua negara Korea.

"Setelah pertemuan pertama antara saya dengan kawan Ketua (Kim), hubungan antara China dengan DPRK dan situasi semenanjung Korea telah mengalami perkembangan yang positif. Dan kami senang dengan hal itu," kata Xi dikutip Xinhua.

Sementara Kim mengatakan, pertemuannya dengan Xi telah memberi hasil yang positif. "Ini adalah hasil positif dari pertemuan bersejarah antara saya dengan Kamerad Sekretaris Jenderal (Xi)," kata Kim.

Setelah kabar kunjungan kedua Kim ke China dikonfirmasi media Beijing, Presiden AS Donald Trump menyebut akan segera menghubungi Presiden Xi.

Baca juga : Media Korsel: Singapura Calon Terkuat Tuan Rumah Pertemuan Trump dan Kim

Trump menuliskan di akun media sosial Twitter-nya bahwa topik yang akan didiskusikan dengan Xi menyangkut perdagangan dan Korea Utara.

Kunjungan Rahasia

Sebelum adanya konfirmasi dari media China, sebuah foto yang menunjukkan pesawat terbang yang biasa digunakan tokoh VIP Korea Utara keluar dari bandara di Dalian, China, memunculkan spekulasi kunjungan Kim ke negara sekutunya itu.

Pada pertemuan sebelumnya, Kim melakukan kunjungan resmi ke China menggunakan kereta khusus sebagai perjalanan pertamanya ke luar negeri pada Maret lalu. Perjalanan kala itu juga dirahasiakan sampai Kim kembali ke Korut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,Xinhuanet
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com