Kompas.com - 07/05/2018, 20:33 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Vladimir Putin resmi dilantik sebagai Presiden Rusia untuk masa jabatan 2018 hingga 2024 pada Senin (7/5/2018).

Dilansir AFP, dalam pengambil sumpah di Aula Andreyev, Putin berjanji bakal menggunakan periode keempatnya untuk merevitalisasi ekonomi Rusia.

"Saya berpikir tugas dan kehidupan saya bertujuan untuk kebaikan Rusia. Baik pada saat ini, maupun di masa yang akan datang," kata Putin dalam janjinya.

Dalam pidatonya, presiden 65 tahun tersebut berterima kasih atas dukungan para pendukungnya yang senantiasa bersatu.

Baca juga : Dilantik, Putin Datang Naik Limosin Baru Bikinan Rusia Sendiri

"Saya sangat sadar tanggung jawab saya besar. Sebagai kepala negara, saya bakal berjuang memberi kemakmuran, kekuatan, dan reputasi masyhur kepada Rusia," tutur Putin.

Dia berjanji bakal menaikkan standar hidup warga di Negeri "Beruang Merah". Putin berkata kehidupan mereka bakal meningkat.

"Kita butuh terobosan di berbagai bidang. Saya percaya hal itu bisa tercapai jika masyarakat yang menerima ide baru, dan menolak ketidakadilan," beber mantan agen rahasia KGB itu.

Pakar berpendapat, di periodenya yang keempat ini, tantangan yang dihadapi Putin adalah lambatnya ekonomi sebagai akibat isolasi negara Barat, dan jatuhnya harga minyak dunia.

Isolasi tersebut diberikan oleh negara Barat menyusul pendudukan Rusia di Semenanjung Crimea, Ukraina, pada Maret 2014.

"Rusia belum pernah pernah berada dalam situasi terisolasi sejak era Uni Soviet di Perang Afghanistan 1979-1989," kata analis politik lepas, Dmitry Oreshkin.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.