Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Ketapel, Warga Palestina Jatuhkan Drone Milik Tentara Israel

Kompas.com - 07/05/2018, 19:58 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

GAZA CITY, KOMPAS.com - Kegigihan bangsa Palestina melawan pendudukan militer Israel memang patut diacungi jempol. Dengan persenjataan minim, mereka tak gentar menghadapi militer Israel yang bersenjata lengkap dan canggih.

Salah satu contohnya terekam dalam video yang ditayangkan Press TV. Video itu memperlihatkan warga Palestina menggunakan ketapel menembakkan batu ke arah sebuah obyek yang terlihat seperti drone.

Ternyata salah seorang pengunjuk rasa itu sukses menjatuhkan sebuah drone Israel dengan menggunakan ketapelnya. Kontan saja, keriuhan pecah menyambut kemenangan kecil itu.

Sejauh ini tak diperoleh kepastikan kapan peristiwa itu terjadi. Namun, sejumlah laporan menyebut insiden tersebut terjadi pada Jumat pekan lalu.

Baca juga : Bom Layang-layang, Senjata Baru Palestina untuk Melawan Israel

Sejauh ini tak ada komentar dari Tel Aviv terkait kabar tersebut meski Israel diketahui memang menggunakan drone untuk memantau aksi-aksi protes warga Palestina.

Pada Maret lalu, militer Israel menggunakan drone yang menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan besar warga Palestina yang menggelar unjuk rasa di sepanjang perbatasan Gaza dan Israel.

Aksi unjuk rasa di sepanjang perbatasan ini sudah digelar sejak akhir Maret lalu dan akan berlanjut hingga 15 Mei mendatang saat bangsa Palestina memperingati Hari Nakba, saat mereka terusir dari tanah kelahiran seiring dengan berdirinya negara Israel.

Sejak aksi unjuk rasa ini digelar sudah 45 orang tewas dan 6.800 orang lainnya terluka. Demikian keterangan dari Kementerian Kesehatan Jalur Gaza. 

Baca juga : Presiden Palestina Minta Anak-anak Dijauhkan dari Perbatasan Gaza

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com