Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilantik, Putin Datang Naik Limosin Baru Bikinan Rusia Sendiri

Kompas.com - 07/05/2018, 19:30 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Senin ini (7/5/2018), Vladimir Putin resmi dilantik sebagai Presiden Rusia untuk masa jabatan 2018-2024.

AFP mewartakan, datang ke tempat pelantikan di Kremlin, Putin mencuri perhatian ketika dia menaiki limosin setelah sebelumnya menumpang Mercedes Pullman di tiga pelantikan sebelumnya.

Limosin bernama Kortezh itu menandai kembalinya era para pemimpin naik kendaraan mewah tersebut setelah sempat jaya saat Uni Soviet.

Contohnya adalah Pemimpin Soviet pertama, Vladimir Lenin, yang menaiki mobil Rolls-Royce Silver Ghost. Adapun Joseph Stalin gemar naik Packard.

Baca juga : Jelang Pelantikan Putin, Polisi Rusia Tangkap 350 Demonstran

Setelah keduanya, para pemimpin naik Limosin ZIL untuk acara resmi. Sementara jajarannya naik limo jenis Chaikas atau Seagull.

Media pemerintah, RIA Novosti, mengutip seorang tamu yang mengatakan mobil baru Putin jauh lebih keren dibanding mobil yang ditumpangi Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.

Trump menaiki Cadillac One ketika menghadiri dilantik sebagai presiden ke-45 AS pada 21 Januari 2017 di Gedung Capitol, Washington.

Jurnalis dari kanal televisi Rossiya 24 melaporkan, limo Putin diklaim merupakan buatan Rusia sendiri.

Sebab, mobil tersebut dibuat di Rusia, dan menggunakan bahan baku serta dibuat oleh tangan ahli Negeri "Beruang Merah".

"Mobil ini merupakan yang termewah dalam lima tahun terakhir," ujar jurnalis tersebut dalam reportasenya.

Reporter Rossiya 24 melanjutkan, mobil jenis Senate Limousine itu juga mendapat sentuhan internasional karena mesinnya dikembangkan oleh tim mekanik pabrikan mobil mewah Porsche.

TASS melaporkan, mobil tersebut dikembangkan sejak 2013, dan menelan dana hingga 12,4 miliar rubel, atau sekitar Rp 2,7 triliun.

Limo baru itu memiliki panjang enam meter, dan diproduksi oleh Aurus yang juga membuat sedan bernama Senate, dan MPV bernama Arsenal.

Tiga kendaraan itu bakal diluncurkan di pasaran, dengan TASS mengklaim bakal bersaing melawan merek seperti Mercedes-Maybach, Bentley, atau Rolls-Royce.

Baca juga : Presiden Vladimir Putin Pecat 11 Orang Jenderal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com