Kompas.com - 07/05/2018, 13:04 WIB

AL DUSHASHIYA, KOMPAS.com - Otoritas Irak kembali mengerahkan jet tempurnya untuk melakukan serangan ke wilayah Suriah pada Minggu (6/5/2018). Ini menjadi kedua kalinya dilakukan Irak dalam sebulan terakhir.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi dalam pernyataannya menyebut pesawat tempur F-16 tersebut menargetkan pertemuan kelompok teroris ISIS di selatan Al-Dushashiya.

"Pesawat tempur F-16 digunakan dalam serangan yang dilancarkan pada pagi hari dan serangan itu berhasil," kata juru bicara pusat media keamanan Irak, Jenderal Yehya Rassoul kepada AFP.

Pusat media keamanan Irak juga telah merilis video yang menunjukkan ledakan di sebuah gedung yang tampaknya menjadi target pesawat tempur.

Baca juga : Kirim Dua F-16, Irak Lancarkan Serangan Udara ke Wilayah Suriah

Kawasan Al-Dushashiya berada di wilayah gurun di provinsi Hasakeh Suriah yang berada di bawah kontrol aliansi Kurdi yang didukung AS.

"Serangan dilancarkan setelah menerima informasi tentang target dalam kerja sama dengan pemerintah Suriah dan pasukan koalisi yang dipimpin AS," kata Penasihat Kementerian Pertahanan Irak, Jenderal Mohammed al-Askari.

Armada pesawat F-16 dari angkatan udara Irak segera memimpin misi penyerangan ke pos komando ISIS yang berjarak sekitar 10 kilometer dari perbatasan Irak di wilayah Suriah.

"Serangan tersebut dilancarkan setelah pertemuan beberapa komandan Daesh yang merencanakan operasi teroris di wilayah Suriah atau Irak," tambah Askari.

Disampaikan Askari, serangan yang dilancarkan telah berhasil menghancurkan target dan semua pejabat di sana tewas.

Dia menambahkan, serangan tersebut bukan yang terakhir dan masih akan dilanjutkan dengan menargetkan kegiatan ISIS.

"Irak menjadi tuan rumah sebuah pusat yang mengkoordinasikan aktivitas militer dengan Iran, Rusia dan Suriah melawan ISIS," tambah Askari.

Baca juga : ISIS Ancam Serang Pemilu di Irak

Sebelumnya, pada 19 April, Irak mengaku telah melancarkan serangan udara ke lokasi terkait ISIS di Suriah, dekat kota Hajin di provinsi Deir Ezzor dan berhasil menewaskan 36 anggota kelompok teroris tersebut.

Pemerintah Irak telah mengumumkan kemenagan atas ISIS pada Desember 2017 lalu, namun sisa-sisa teroris masih mengendalikan wilayah-wilayah kantong yang ada di gurun di sepanjang perbatasan dengan Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.