Kompas.com - 06/05/2018, 16:28 WIB

TEL AVIV, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dijadwalkan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskwa pekan depan.

Pertemuan yang akan digelar pada Rabu (9/5/2018) tersebut akan membahas perkembangan regional dan membahas dugaan ambisi nuklir Iran jelang pertemuan kesepakatan nuklir negara itu akhir pekan depan.

Presentasi yang disiarkan Netanyahu melalui stasiun televisi pada Senin (1/5/2018) diikuti panggilan telepon ke para pemimpin dunia, termasuk Putin di mana keduanya membahas kesepakatan nuklir Iran dan juga situasi di Suriah.

Israel telah dituduh bertanggung jawab atas serangkaian serangan mematikan yang terjadi di Suriah pada 9 dan 30 April lalu, yang menewaskan warga Iran dan juga tentara Suriah.

Baca juga : PM Israel Klaim Punya Bukti Iran Sembunyikan Senjata Nuklir

Putin, yang menjadi pendukung kuat rezim Suriah, telah meminta kepada Netanyahu untuk tidak semakin mengacaukan situasi di negara konflik itu.

Sementara Israel menyebut serangan dilakukan untuk mencegah Iran dan kelompok Hizbullah semakin memperkuat militer mereka.

Rusia juga menegaskan kembali dukungannya terhadap kesepakatan nuklir Iran dengan menyebutnya sebagai kepentingan utama untuk menjamin stabilitas dan keamanan internasional.

Pertemuan memperbarui kesepakatan nuklir Iran akan kembali digelar pada 12 Mei mendatang, di mana AS dan sekutunya di Timur Tengah berpendapat perjanjian itu, yang disetujui oleh Barack Obama, terlalu lemah dan perlu diganti.

Presiden Donald Trump pun telah mengancam akan meninggalkan perjanjian tersebut jika tidak dilakukan penggantian dan ditambahkan pengaturan yang lebih permanen dengan kontrol terhadap program rudal Iran.

Netanyahu termasuk salah satu yang menyerukan adanya perubahan dalam kesepakatan yang ditandatangani Iran dengan enam negara, yakni Inggris, China, Perancis, Jerman, Rusia dan AS itu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.