Kompas.com - 06/05/2018, 12:44 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Singapura semakin diunggulkan untuk menjadi tuan rumah pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dengan Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un.

Surat kabar ternama Korea Selatan, The Chosun Ilbo, edisi Sabtu (5/5/2018), memuat di halaman depannya, prediksi pertemuan antara dua pemimpin negara itu yang tampaknya akan digelar di Singapura pada pertengahan Juni.

Media itu memprediksi pertemuan tersebut akan dilangsungkan setelah Trump menghadiri konferensi G-7 di Kanada, pada 8-9 Juni 2018 mendatang.

Mengutip sejumlah sumber dari korps diplomatik AS, harian itu menyebut Singapura sebagai calon terkuat walaupun masih ada kemungkinan Trump yang menyukai "efek dramatis" bakal memilih desa Panmunjom yang terletak di Zona Demiliterisasi Korea.

Baca juga : Trump: Tanggal dan Tempat Pertemuan Saya dengan Kim Bakal Diumumkan

Desa Panmunjom adalah lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea yang digelar 27 April lalu. Trump sempat menyebut nama desa itu di akun Twitter-nya sehari setelah KTT Antar-Korea yang dinilai sukses.

Pada Jumat (4/5/2018), Trump mengaku telah menetapkan tanggal dan tempat untuk pertemuannya dengan Kim, namun presiden berusia 71 tahun itu belum bersedia mengungkapkannya pada publik.

"Kami akan segera mengumumkannya," kata Trump kepada jurnalis saat meninggalkan Gedung Putih untuk melakukan kunjungan ke Texas.

Sementara itu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyatakan sejauh ini belum menerima undangan dari pihak manapun untuk menjadi tuan rumah.

"Tentunya untuk lokasi pertemuan itu harus disetujui baik oleh Korea Utara maupun AS. Dan saya ragu mereka telah mencapai kesepakatan itu," kata Lee kepada wartawan, Sabtu (28/4/2018) di sela-sela KTT ASEAN.

Pemerintahan Trump mengkaji sejumlah calon tuan rumah di negara ketiga seperti Singapura dan Mongolia. Selain itu, Swedia dan Swiss juga sempat masuk dalam bursa kemungkinan lokasi pertemuan Trump dan Kim.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.