Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara London Gagalkan Pengiriman Ilegal 50 Buaya Hidup dari Malaysia

Kompas.com - 05/05/2018, 18:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Bandara Heathrow di London, Inggris, dilaporkan menggagalkan pengiriman ilegal 50 ekor buaya dari Malaysia.

Diberitakan AFP via The Star Online Sabtu (5/5/2018), buaya air asin yang diperkiran mssih berusia muda tersebut ditemukan dalam keadaan berjejal-jejal di lima kotak.

Mereka dikirim menuju sebuah peternakan di Cambridgeshire, sebuah kota di timur Inggris, di mana mereka diternakkan untuk diambil dagingnya.

Baca juga : Kali Pertama, Hiu dan Buaya Tertangkap Kamera Makan Bersama

Dalam keterangan otoritas bandara, binatang itu ilegal karena tidak dikemas sesuai dengan peraturan internasional.

Setiap kotak seharusnya memuat empat ekor buaya. Namun, pengirim memaksakan 10 ekor buaya dimasukkan ke dalam satu kotak.

Kepala badan pelarangan perdagangan satwa terancam punah Inggris (CITES), Grant Miller berujar, pengiriman buaya dengan cara seperti itu sangat tidak dibenarkan.

"Buaya-buaya itu saling berkelahi selama penerbangan karena tempatnya sempit. Pengirim tidak memperhatikan keselamatan hewan tersebut," kata Miller.

Miller menambahkan, satu ekor mati ketika mereka menemukannya 27 April lalu. Sedangkan sisanya dirawat sebelum dipulangkan.

"Kami bakal menyita apapun yang melanggar peraturan. Ucapan ini seharusnya menjadi peringatan agar tidak melakukan pengiriman hewan dengan kondisi seperti itu," jelasnya.

Baca juga : Asyik Kerja di Pinggir Sungai, Seorang Buruh Tiba-tiba Diterkam Buaya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com