Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjual Minuman di India Ketahuan Buat Teh dan Kopi di Toilet Kereta

Kompas.com - 04/05/2018, 15:02 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SECUNDERABAD, KOMPAS.com - Sebuah rekaman video yang mengungkap aksi sejumlah penjual minuman di India yang diduga membuat minumannya di dalam toilet kereta api.

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak setidaknya tiga orang penjual minuman keliling keluar dari dalam toilet salah satu gerbong kereta sambil membawa termos minuman.

Mereka adalah para penjual minuman teh dan kopi yang biasa berjualan di stasiun.

Melansir dari India Times, insiden tersebut terjadi pada Desember 2017 lalu di atas gerbong kereta Hyderabad Charminar Express yang tengah berhenti di stasiun kereta Secunderabad.

Perusahaan Kereta Api India menyampaikan dalam pernyataannya, insiden tersebut telah diselidiki secara detail dan penjual teh yang terekam dalam video telah dijatuhi sanksi denda.

Baca juga : Tidak Punya Dapur, Sekolah di India Masak Makan Siang di Toilet

Penjual tersebut berdalih hanya memindahkan susu dari dalam kaleng ke dalam termos. Mereka melakukannya di dalam toilet kereta karena tidak ingin melakukannya di ruangan terbuka.

"Walaupun demikian, fakta bahwa termos teh atau kopi itu dibawa keluar dari dalam toilet sudah merupakan praktik yang salah," tulis pernyataan perusahaan kereta api.

Selain melakukan kesalahan dalam praktik pembuatan minuman, diketahui kemudian hanya satu dari tiga pedagang yang terekam video yang memiliki izin berjualan.

"Sanksi denda sebesar 1 lakh (100.000 rupee atau sekitar Rp 20 juta) telah dijatuhkan kepada penjual yang berlisensi," kata pejabat kereta api senior, M Umashankar Kumar.

Terungkapnya praktik penjual minuman tersebut menambah panjang kasus keamanan makanan di India yang dianggap memprihatinkan.

Sebelumnya di Kalkota, otoritas kepolisian setempat telah menyita hingga 20 ton daging busuk dari tempat pembuangan yang dijual ke restoran.

Delapan orang telah ditangkap terkait kasus tersebut. Namun bisnis restoran dan kafe di Kolkata terlanjut terguncang akibat skandal itu.

Baca juga : Mayat Bayi Usia 2 Hari Ditemukan Tersangkut di Saluran Toilet di India

"Isu daging busuk itu telah menyebabkan penjualan daging untuk restoran menurun hingga 50 persen," kata Taher Ali dari anggota Asosiasi Pedagang Daging.

Asosiasi Hotel dan Restoran India Timur mengimbau kepada anggotanya untuk hanya membeli daging dari pemasok terdaftar.

Menurut data pemerintah, keracunan makanan menjadi salah satu kasus masalah kesehatan yang paling sering terjadi di India, dengan angka kasus sebanyak 242 dari 1.469 laporan wabah penyakit serius yang dilaporkan tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com