Kompas.com - 04/05/2018, 11:20 WIB

NAIROBI, KOMPAS.com - Pemburu gelap menembak mati tiga badak hitam yang langka di Taman Nasional Meru di Kenya sebelah utara pada Rabu (2/5/2018) malam.

Dilansir dari AFP, Kamis (3/5/2018), dua badak hitam dewasa dan satu anaknya dibunuh di kawasan cagar alam seluas 83 km persegi dan dikelilingi oleh pagar. Ketiganya ditemukan tanpa culanya.

"Dengan berat hati, kami mengumumkan perburuan terhadap tiga badak pada kemarin malam di cagar alam Badak di Taman Nasional Meru. Kami kehilangan dua badak hitam dan seekor anaknya," demikian pernyataan dari Kenya Wildlife Service (KWS).

Baca juga : Pertama di Dunia, Badak Jalani CT Scan di Kebun Binatang

"Suara tembakan terdengar dan pencarian telah dilakukan pada sejumlah titik hingga pagi ini. Namun belum membuahkan hasil," imbuhnya.

KWS menyatakan, tidak ada tanda-tanda dari keberadaan komplotan tertentu di area cagar alam.

Cula badak terbuat dari keratin yang sama dengan kandungan pada rambut manusia dan kuku.

Cula badak sangat dicari oleh penduduk di Asia. Mereka meyakini kandungan cula dapat menghilangkan mabuk dan meningkatkan libido.

Perburan badak dan gajah telah menurun di Kenya dalam beberapa tahun terakhir. Tahun lalu, ada 9 badak dan 69 gajah yang dibunuh.

Baca juga : Badak Putih Jantan Punah, Spesies Badak Ini Terancam Menyusul

Kenya masih menghadapi beredarnya penyelundupan produk-produk dari hewan yang dilindungi. Produk tersebut biasanya diselundupkan melalui perlabuhan Mombasa dan bandara Nairobi.

Saat ini, badak hitam yang masih hidup diperkirakan berjumlah 5.500 ekor di seluruh dunia, di mana semuanya berada di Afrika.

Dari jumlah itu, sebanyak 750 badak hitam tinggal di Kenya. Negara ini juga rumah bagi dua ekor badak putih yang tersisa di dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.