Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tertunda 5 Tahun, Pakistan Buka Bandara Baru di Islamabad

Kompas.com - 04/05/2018, 09:59 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Pakistan membuka bandara baru di Islamabad, Kamis (3/5/2018) setelah sempat tertunda selama lima tahun.

"Bandara Internasional Islamabad yang baru akan beroperasi penuh pada hari ini dengan melayani penerbangan domestik dan internasional," kata juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil Pakistan Pervez George.

"Keberangkatan dan kedatangan pesawat di bandara baru ini telah dijadwalkan," imbuhnya.

Baca juga : Ratusan Bayi Perempuan Dibunuh dan Dibuang di Pakistan selama 2017

Bandara baru ini dibangun agar dapat melayani lebih dari 9 juta penumpang per tahun. Kucuran investasi dari China menjadi harapan baru bagi pengembangan Pakistan ke depannya.

Rencananya, pemerintah akan meresmikan bandara tersebut pada 2013. Penundaan pembukaan memicu sorotan kepada ketidakmampuan pemerintah pakistan untuk menyelesaikan proyek infrastruktur penting.

Pada dua pekan lalu, peresmian bandara harus kembali tertunda. Alasannya, bandara tidak memiliki fasilitas air minum dan toilet belum rampung pengerjaannya.

Bandara Internasional Islamabad menggantikan peran dari Bandara Internasional Benazir Bhutto yang dikenal dengan jalurnya yang panjang dan bobrok, serta menjadi pangkalan militer.

Pada 2014, bandara tersebut dikenal sebagai bandara terburuk di dunia oleh situs Sleeping in Airports karena tidak memiliki tingkat kebersihan yang baik dan teknologi yang mendukung.

Baca juga : Protes Serangan ISIS, Jasad Korban Penembakan di Pakistan Diarak

Dilansir dari Pakistan Today, seorang jurnalis Nasim Zehra mengunggah foto di Twitter yang menunjukkan kepadatan penumpang di area keberangkatan pesawat di Bandara Internasional Benazir Bhutto, menjelang pembukaan bandara baru di Islamabad.

Dengan dibukanya Bandara Internasional Islamabad, Bandara Internasional Benazir Bhutto akan tutup bagi penerbangan sipil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com