Kompas.com - 03/05/2018, 13:48 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Meski bertahun-tahun Amerika Serikat dan Korea Utara terlibat permusuhan, ratusan penduduk negeri "Paman Sam" kerap mengunjungi negara pimpinan Kim Jong Un itu setiap tahunnya.

Hingga akhirnya, Kementerian Luar Negeri AS menerbitkan larangan berkunjung ke Korea Utara pada September 2017.

Di sisi lain, Korut memiliki sejarah penahanan sejumlah warga AS dan memanfaatkan mereka untuk mendapatkan keuntungan. Pemerintah AS hanya mampu membebaskan beberapa dari mereka.

Warga AS melakukan kunjungan berisiko ke AS untuk beberapa alasan, mulai dari liburan hingga terkait pekerjaan di lembaga kemanusiaan dan misionaris.

Baca juga : Tiga Warga AS yang Ditahan Korut Bakal Segera Dibebaskan

Presiden AS Donald Trump pada Rabu (2/5/2018) memperoleh kabar pembebasan tiga warga AS keturunan Korea yang ditahan di Korut. Seorang sumber menyatakan, keberadaan ketiganya telah diketahui dan menunggu untuk segera dibebaskan.

Rencana pembebasan Kim Dong Chul, Kim Hak-song, dan Kim Sang Duk, muncul sebelum pertemuan bersejarah antara trump dan Kim Jong Un dalam beberapa pekan ke depan.

Lalu, siapakah ketiga warga AS yang ditahan oleh Korea Utara?

Kim Hak-song

Kim Hak-song bekerja di Universitas Sains dan Teknologi Pyongyang (PUST). Dia ditangkap di stasiun kereta Pyongyang pada Mei 2017 atas tuduhan "berperilaku tidak bersahabat" terhadap pemerintah Korut.

Saat ditangkap, Kim Hak-song akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api menuju rumahnya di Dandong, China.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.