Kompas.com - 02/05/2018, 23:15 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Dokter rumah sakit di New Delhi, India, dilaporkan mengeluarkan 14 ekor cacing gelang yang berdiam di perut seorang perempuan.

Awalnya, Sunita bermaksud berobat karena dalam enam bulan terakhir dia menderita demam, mengeluh sakit perut, hingga sakit kuning.

Dilansir Daily Mirror Rabu (2/5/2018), dari hasil CT Scan diketahui terdapat cacing gelang dengan ukuran antara 15-20 sentimeter di usus dan liver Sunita.

Dokter bedah di Rumah Sakit Fortis menggunakan jebakan dan forceps endoskopi tanpa melalui operasi untuk mengangkat cacing-cacing itu.

Baca juga: Produk Ikan Makarel Kaleng Mengandung Cacing Ditarik dari Toko dan Swalayan

Pasca-operasi, Sunita mengatakan, dia mengalami sakit yang sangat hebat hingga membuatnya tidak bisa untuk sekadar berdiri.

Selama sebulan, perempuan 38 tahun itu sampai kehilangan berat badan hingga 12 kilogram. Dia bersyukur dokter berhasil mengetahui penyakitnya.

"Ketika pengangkatan berhasil dilakukan, saya merasa sakit saya telah lenyap. Saya mulai pulih, dan kondisi saya jauh lebih baik," lanjut Sunita.

Dr Arvind Kurana, Kepala Gastroenterologi, mengungkapkan, mengangkat cacing dari tubuh Sunita merupakan pekerjaan yang menakutkan.

"Sebab, melihat 14 cacing di dalam tubuh manusia merupakan hal yang sangat langka," beber Kurana.

Bahkan, ketika melakukan second opinion di rumah sakit, dia mengalami salah diagnosis, dan hanya dianjurkan meminum antibiotik untuk mengurangi rasa sakit.

"Setelah kami melakukan diagnosis yang tepat, kami berhasil mengangkat cacing tersebut. Pasien merasa dia sudah tidak sakit lagi," lanjut Kurana.

Baca juga: Ada Cacing Sepanjang 27 Cm di Tubuhnya, Begini Kondisi Tentara Korut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.