Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter di India Angkat 14 Ekor Cacing dari Perut Seorang Perempuan

Kompas.com - 02/05/2018, 23:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com — Dokter rumah sakit di New Delhi, India, dilaporkan mengeluarkan 14 ekor cacing gelang yang berdiam di perut seorang perempuan.

Awalnya, Sunita bermaksud berobat karena dalam enam bulan terakhir dia menderita demam, mengeluh sakit perut, hingga sakit kuning.

Dilansir Daily Mirror Rabu (2/5/2018), dari hasil CT Scan diketahui terdapat cacing gelang dengan ukuran antara 15-20 sentimeter di usus dan liver Sunita.

Dokter bedah di Rumah Sakit Fortis menggunakan jebakan dan forceps endoskopi tanpa melalui operasi untuk mengangkat cacing-cacing itu.

Baca juga: Produk Ikan Makarel Kaleng Mengandung Cacing Ditarik dari Toko dan Swalayan

Pasca-operasi, Sunita mengatakan, dia mengalami sakit yang sangat hebat hingga membuatnya tidak bisa untuk sekadar berdiri.

Selama sebulan, perempuan 38 tahun itu sampai kehilangan berat badan hingga 12 kilogram. Dia bersyukur dokter berhasil mengetahui penyakitnya.

"Ketika pengangkatan berhasil dilakukan, saya merasa sakit saya telah lenyap. Saya mulai pulih, dan kondisi saya jauh lebih baik," lanjut Sunita.

Dr Arvind Kurana, Kepala Gastroenterologi, mengungkapkan, mengangkat cacing dari tubuh Sunita merupakan pekerjaan yang menakutkan.

"Sebab, melihat 14 cacing di dalam tubuh manusia merupakan hal yang sangat langka," beber Kurana.

Bahkan, ketika melakukan second opinion di rumah sakit, dia mengalami salah diagnosis, dan hanya dianjurkan meminum antibiotik untuk mengurangi rasa sakit.

"Setelah kami melakukan diagnosis yang tepat, kami berhasil mengangkat cacing tersebut. Pasien merasa dia sudah tidak sakit lagi," lanjut Kurana.

Baca juga: Ada Cacing Sepanjang 27 Cm di Tubuhnya, Begini Kondisi Tentara Korut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com