Kompas.com - 02/05/2018, 10:18 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan dokter pribadi Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Harold Bornstein, mengklaim Trump mendiktekan surat hasil tes kesehatannya.

Hasil kesehatannya pada 2015 itu bakal menunjukkan dia sebagai individu paling sehat yang pernah terpilih menjadi presiden.

Namun kepada CNN, Bornstein menyebut hasil kesehatan Trump yang digunakan untuk mengajukan diri sebagai kandidat dalam pemilihan presiden AS pada 2016 itu sebagai prosa yang hiperbola.

"Dia mendiktekan semua kalimatnya. Saya tidak menulis surat (tes kesehatan) itu," katanya, Selasa (1/5/2018).

Baca juga : Uji Kesehatan Trump Pekan Ini Tidak Termasuk Tes Kejiwaan

Dilansir dari BBC, Bornstein mengatakan pejabat pemerintah telah menggerebek kantornya pada Februari tahun lalu dan menghilangkan semua catatan medis Trump.

Pakar medis yang tinggal di Kota New York ini mendapat kunjungan dari salah satu pengawal pribadi Trump dan dua pria lainnya pada 3 Februari 2017.

"Mereka berada di sana sekitar 25 hingga 30 menit, sempat ada kekacauan," ucap Bornstein kepada NBC News.

Dia mengatakan, catatan kesehatan Trump yang asli dan salinannya dibawa oleh mereka. Dalam surat itu, kekuatan fisik dan stamina Trump pada 2015 digambarkan "luar biasa".

Tekanan darah dan uji laboratoriumnya menunjukkan hasil yang sangat baik. Namun, dia harus menurunkan berat badan lebih dari 7 kilogram.

Baca juga : Secara Fisik, Trump Dinyatakan Sangat Sehat

Hasil tes kesehatan juga mengklaim Trump tidak mengidap kanker atau operasi tulang sendi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.