Kompas.com - 02/05/2018, 09:11 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Shizo Abe berkunjung ke Palestina untuk bertemu dengan Presiden Mahmud Abbas pada Selasa (1/5/2018).

Kepada Abbas, Abe mengaku negaranya tidak akan memindahkan kedutaan besarnya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem seperti yang akan dilakukan oleh pemerintah Amerika Serikat.

"Jepang tidak akan memindahkan kedubesnya ke Yerusalem," demikian laporan dari kantor berita resmi Palestina, Wafa.

Seperti diketahui, AS akan mengalihkan kedubesnya dari Tel Aviv ke Yerusalem pada 14 Mei 2018. Keputusan tersebut menuai kecaman dari rakyat Palestina yang memandang bagian timur kota tersebut sebagai ibu kota negaranya.

Baca juga : Ikuti Jejak AS, Romania Bakal Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Dilaporkan oleh Wafa, Abe menekankan dukungan negaranya terhadap upaya kemerdekaan wilayah Palestina dengan solusi untuk kepentingan bersama antara dua negara yang berkonflik.

Abbas mengapresiasi dukungan Abe terhadap negara dan rakyat Palestina.

"Kamu siap untuk bekerja sama bagi keberhasilan upaya internasional utnuk menemukan solusi politis," ucapnya.

Sementara, rakyat Palestina menolak bertemu dengan tim negosiasi. Abbas menyerukan agar negara lain yang memfasilitasi prosesnya.

Abe yang sedang melakukan lawatan ke Timur Tengah dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Rabu (2/5/2018).

Baca juga : Raja Salman Tolak Rencana AS Pindahkan Kedubes ke Yerusalem

Dia juga berencana bakal mengunjungi Uni Emirat Arab dan Yordania.

Menteri Luar Negeri Jepang Taro Kono mengatakan, kunjungan tersebut merupakan inisiatif untuk mempromosikan kerja sama regional termasuk pembangunan taman agro-industri di Tepi Barat.

"Upaya kami akhirnya mulai berbuah," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.