Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Janji Tutup Situs Uji Coba Nuklir pada Mei 2018

Kompas.com - 29/04/2018, 11:11 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC,AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara berjanji akan menutup situs uji coba nuklir pada Mei 2018.

Pernyataan itu disampaikan oleh pemerintah Korea Selatan setelah digelarnya pertemuan bersejarah antara Presiden Moon Jae-in dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada Jumat (24/4/2018).

"Kim mengatakan, selama pertemuan dengan presiden Moon, dia akan melakukan penutupan uji coba nuklir pada Mei," kata juru bicara kepresidenan Korsel Yoon Young-chan, Minggu (29/4/2018).

Baca juga : 5 Fakta Tempat Pertemuan Dua Pemimpin Korea, Kim dan Moon

"Kim juga akan segera mengundang para ahli dari Korsel dan Amerika Serikat serta wartawan untuk melihat proses tersebut kepada masyarakat internasional secara transparan," ucapnya.

Yoon mengungkapkan, Kim yakin jika pertemuannya dengan AS akan menyadarkankan bahwa dia bukan orang yang bakal menembakkan senjata nuklir ke Korsel ataupun ke AS.

"Jika kami sering bertemu (dengan AS), membangun kepercayaan, mengakhiri perang, dan akhirnya disepakati tidak ada invasi, mengapa kita harus hidup dengan senjata nuklir," ujar Yoon, menirukan ucapan Kim.

Kantor kepresidenan Korsel juga menyatakan, Korut bakal mengubah zona waktunya mirip seperti wilayah Korsel. Saat ini, zona waktu Korut berbeda setengah jam dengan Korsel.

Situs uji coba nuklir Korut diyakini berada di daerah pengunungan sebelah timur laut wilayah Korut.

Selama ini, Korut melakukan uji coba nuklir di dalam sistem terowongan yang digali di bawah Gunung Mantap, dekat situs Punggye-ri.

Baca juga : Kim dan Moon Berencana Bangun Kereta Cepat yang Hubungkan Korsel-Korut

Setelah uji coba terakhir pada September 2017, serangkaian guncangan menghantam situs tersebut yang diyakini oleh para ahli gempa sebagai bagian dari runtuhnya bagian dalam gunung tersebut.

Pada Sabtu (28/4/2018), Presiden AS Donald Trump mengatakan, pembicaraan dengan Kim akan dilakukan dalam tiga atau empat pekan ke depan, dan denuklirisasi Semenanjung Korea menjadi agenda utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com