Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yunani Umumkan Peningkatan Armada Jet Tempur F-16

Kompas.com - 28/04/2018, 23:39 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

ATHENA, KOMPAS.com - Pemerintah Yunani pada Sabtu (28/4/2018) mengumumkan akan meningkatkan armada pesawat tempur mereka. Sebanyak 85 jet tempur F-16 buatan AS akan ditingkatkan menjadi F-16 Viper.

Melansir dari AFP, rencana peningkatan armada pesawat tempur ini telah direncanakan selama enam bulan sebelumnya, namun akhirnya tertunda lantaran kekhawatiran biaya.

Namun Sabtu (28/4/2018), dalam pertemuan darurat yang digelar Dewan Pemerintah Urusan Luar Negeri dan Pertahanan yang dipimpin Perdana Menteri Alexis Tsipras akhirnya menyetujui proposal tersebut.

"Dengan suara bulat dewan telah menyetujui pelaksanaan program peningkatan untuk 85 unit pesawat," kata kantor perdana menteri dalam pernyataan resminya.

Baca juga: Kirim Dua F-16, Irak Lancarkan Serangan Udara ke Wilayah Suriah

Menteri Pertahanan Yunani, Panos Kammenos mengatakan pesawat jet yang akan ditingkatkan yakni F-16 buatan AS yang akan di-upgrade menjadi F-16 Viper.

Untuk tahap awal hanya akan ditingkatkan 85 unit pesawat dari total 150 unit F-16 yang dimiliki Yunani.

Tidak diterangkan berapa rincian biaya yang dibutuhkan maupun waktu pengiriman dari program yang dijalankan.

Sebelumnya pada Oktober 2017, usai kunjungan Tsipras ke Washington, Athena mengumumkan rencana peningkatan armada jet tempurnya.

Namun rencana itu menuai kritikan lantaran anggaran yang dibutuhkan sangat besar untuk program berjangka 10 tahun.

Tsipras melihat peningkatan armada udaranya sudah cukup mendesak untuk dilakukan. Menurutnya beberapa pesawat tempurnya telah berusia hampir 30 tahun dan berisiko tak dapat beroperasi.

Awal April lalu, seorang pilot pesawat tempur Yunani tewas setelah pesawat jet jenis Mirage 2000-5 buatan Perancis yang diterbangkannya jatuh ke laut usai menjalankan misi pencegatan.

Baca juga: Pesawat Tempur Yunani Jatuh saat Misi Pencegatan di Laut Aegea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com