Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Guyonan Kim Jong Un dalam Pertemuan dengan Presiden Moon

Kompas.com - 27/04/2018, 21:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PANMUNJOM, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan mempunyai selera humor unik dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Antar-Korea pada Jumat (27/4/2018).

Sekretaris Senior Kepresidenan Bidang Relasi Publik Korea Selatan (Korsel) Yoon Young-chan membeberkan isi percakapan Kim dengan Presiden Korsel Moon Jae-in.

Dilansir Newsweek, ketika pertama kali bertemu dengan Moon, Kim melakukan aksi simbolik dengan melompati garis demarkasi militer menuju Gedung Perdamaian, lokasi KTT.

"Cukup mudah sebenarnya. Namun, butuh waktu 11 tahun bagi kami untuk sampai ke sini," kelakar Kim dilansir dari Business Insider.

Ucapan Kim itu merujuk kepada KTT Antar-Korea terakhir yang terjadi pada 2 dan 4 Oktober 2007 di Pyongyang, ibu kota Korut.

Baca juga: Sambut Kim Jong Un, Presiden Moon Sempat Injakkan Kaki di Korut

"Garis demarkasi ini, yang sebenarnya tidak terlalu tinggi, bakal menghilang ketika banyak orang melewatinya," kata Kim.

Yoon menjelaskan, pernyataan Kim itu menyiratkan niat untuk rekonsiliasi. Atau, dalam retorika Korut, reunifikasi.

Ketika Kim melangkahkan kaki ke kawasan Korsel, Moon sempat bertanya kapan dia bisa mengunjungi Korut.

"Bagaimana kalau kita melewatinya bersama-sama?" tanya Kim merespons Moon. Kim kemudian menggandeng tangan Moon, dan mereka berdua menginjakkan kaki di kawasan Korut.

Keduanya kemudian mendiskusikan perjalanan yang mereka capai untuk menggelar KTT ketika Kim membahas kesulitan Moon untuk tidur nyenyak.

Kim berkaca kepada langkah Korut yang melakukan uji coba nuklir maupun rudal balistik antar-benua (ICBM).

"Saya dengar Anda sering bangun pagi untuk menghadiri pertemuan Dewan Keamanan PBB karena kami. Anda pasti punya kebiasaan bangun awal," kelakar Kim.

"Mulai sekarang, saya pastikan Anda bakal tidur nyenyak," lanjut Kim merujuk kepada komitmennya untuk melakukan denuklirisasi.

Baca juga: Pembelot Korut: Kim Jong Un Bawa Toilet Pribadi ke Mana Pun Dia Pergi

Moon kemudian melanjutkan, dia berharap rekonsiliasi kedua negara bakal terjadi dengan kecepatan yang menurutnya sangat mengagumkan.

Kim sependapat. Dia lalu mengambil slogan dari departemen adiknya, Kim Yo Jong, berada, yakni Departemen Agitasi dan Propaganda Partai Buruh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com