Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Kwame Nkrumah, Presiden Pertama Ghana

Kompas.com - 27/04/2018, 18:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Kwame Nkrumah menjadi tokoh yang berperan besar bagi Gold Coast dalam meraih kemerdekaan dari Inggris dan mendirikan Ghana sebagai sebuah negara merdeka.

Namun pemerintahannya harus berakhir dengan jalan kudeta yang dilakukan militer karena krisis ekonomi yang semakin parah setelah enam tahun menjabat sebagai presiden.

Presiden pertama Ghana itu meninggal dunia dalam pengasingan, jauh dari kampung halamannya pada 27 April 1972.

Awal Kehidupan

Kwame Nkrumah lahir pada 21 September 1909 di Nkroful, sebuah desa di sebelah barat Gold Coast, kawasan di bawah pemerintahan Inggris yang menjadi cikal bakal negara Ghana.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: John Wilkes Booth, Aktor Pembunuh Presiden

Tidak ada catatan pasti tentang kedua orangtuanya. Namun banyak yang meyakini sang ayah adalah seorang pengrajin emas sementara ibunya adalah pedagang. Meski tetap tidak diketahui pasti identitas keduanya.

Semasa kecil Nkrumah bersekolah di sekolah dasar Katholik Roma di dekat Half Assini.

Setelah lulus perguruan tinggi di Achimota pada 1930, Nkrumah memulai kariernya sebagai seorang pengajar di sekolah menengah Katholik Roma di Elmina dan Axim.

Karena ketertarikannya dengan dunia politik, Nkrumah memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di AS.

Dia masuk ke Universitas Lincoln di Pennsylvania pada 1935 dan lulus pada 1939. Nkrumah juga berkuliah di Universitas Pennsylvania sampai dengan 1942.

Nkrumah banyak mempelajari literatur sosialisme, terutama soal Karl Marx dan Vladimir Lenin. Dia juga membaca tentang nasionalisme dari Marcus Garvey, seorang pemimpin kulit hitam Amerika di era 1920-an.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Boris Yeltsin, Presiden Terpilih Pertama Rusia

Nkrumah kembali ke Universitas Lincoln, kali ini sebagai pengajar untuk ilmu politik. Dia kemudian terpilih menjadi ketua Organisasi Pelajar Afrika di Amerika dan Kanada.

Pada 1945, Nkrumah yang berusia 36 tahun pindah ke Inggris, di sana dia membantu mengorganisasi terjadinya Kongres Pan-Afrika Kelima.

Nkrumah kemudian mendirikan Sekretariat Nasional Afrika Barat yang bekerja untuk dekolonisasi Afrika. Dia juga menjabat sebagai wakil ketua Persatuan Pelajar Afrika Barat (WASU).

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com